• By SMA Kajaolalido on 19 September 2017
    • Kegiatan

    Kegiatan Open House yang diadakan di SMA Islam Athirah khusus kelas XI mengusung tema “Sukses Menentukan Pilihan Jurusan dan Universitas Terbaik” ini berjalan dengan kondusif pada tanggal 14 September 2017 pukul 09.00 WITA tanpa mengganggu proses belajar mengajar khususnya untuk kelas XI. Meskipun tidak semua orangtua siswa yang telah diundang hadir dalam kegiatan ini, open house berjalan dengan lancar dan tetap mencapai tujuan dari kegiatan tersebut, yakni untuk mensosialisasikan tata tertib dan program sekolah pada tahun ajaran yang sedang berjalan kepada orangtua siswa, serta pembentukan BMJ (Badan Musyawarah Jami’ah) di kelas XI. 

    By SMA Kajaolalido on 19 September 2017
    • Kegiatan

    Kompetisi antar sekolah yang hampir setiap tahun diselenggarakan oleh Sekolah Islam Athirah ini, resmi dibuka sore tadi (tanggal 18 September 2017 pukul 16.30 WITA) oleh tamu terhormat yaitu Bapak Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang. Pembukaan AFC ke-8 yang spektakuler ini ditandai dengan pelepasan puluhan balon gas yang mengudara. “AFC kali ini kami hadirkan kembali dengan nuansa yang berbeda dari AFC sebelumnya.” aku Buya Adzan ketua panitia AFC.  

    By SD Kajaolalido on 18 September 2017
    • Kegiatan

    Dari bilik suara di ruang kaca sd islam athirah lt. 1 pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OPDIS SD Islam Athirah 1 Makassar (18/9) terlihat sangat semangat dan antusias para pemilih yang terdiri dari siswa dan para guru bersiap untuk menentukan pilihannya dalam pemilih Ketua dan Wakil OPDIS SD Islam Athirah 1

    Ketiga pasangan calon akan segera mengetahui siapakah ketua OPDIS dan Wakil Ketua OPDIS  SD Islam Athirah 1 Makassar Periode 2017/2018, setelah perhitungan suara yang akan dilaksanakan pada pukul 13:30 Wita. (Msn)

    By TK Kajaolalido on 15 September 2017
    • Kegiatan

    Kunjungan Ummi Foundation
    Kunjungan Team ummi foundation Surabaya ke TK islam Athirah dalam rangka supervisi kegiatan pembelajaran Al-Qur’an metode ummi. Metode Ummi hadir untuk memenuhi kebutuhan pengajaran Al qur'an. kunjungan ini rutin dilakukan pertiga bulan dengan tujuan melihat perkembangan anak mulai dari pengenalan huruf hijaiyyah, serta kemampuan anak membaca Al qur'an dengan tartil. supervisi bukan hanya untuk anak, namun guru juga ikut di supervisi,
    untuk melihat progres saat mengajar anak. supervisi dilakukan disemua kelas mulai dari kelompok KB, A dan B. Setelah supervisi diadakan pembinaan untuk seluruh guru yang mengajar UMMI.


  • By SMP Bukit Baruga on 16 September 2017
    • Kegiatan

    "Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa: barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi." (Q.S. Al-Maidah : 23).

    (Baca juga) : Bangun Empati Atas Krisis Kemanusiaan

    Para Siswa, Guru, dan Orang Tua Siswa dengan ikhlas berinfaq untuk meringankan beban saudara seiman di Rakhine, Myanmar. Donasi yang terkumpul kemudian diserahkan langsung kepada 2 lembaga Dompet Dhuafa dan ACT, kemudian pihaknya akan mengantarkan langsung donasi itu ke Rakhine.

    (Baca juga) Doa untuk Rohingya yang Terzalimi

    Jumlah Donasi yang terkumpul dari wilayah Bukit Baruga dan Bone Rp.90.520.200 dan diserahkan langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah kepada pihak Dompet Dhuafa. Untuk pihak Kajaolalido donasi yang terkumpul Rp.120.050.000 dan diserahkan langsung oleh Direktur Sekolah Islam Athirah kepada pihak ACT.

    Jurnalis                  : Selomita, Alya
    Fotografer              : Ipul
    Penulis Berita        : Akbar


    By SMP Bukit Baruga on 16 September 2017
    • Kegiatan

    Senin pagi (11/9/2017), bukan hari yang biasa. Ada yang bersedih, ada pula tersenyum. Sedih melihat kezaliman yang terjadi di Rakhine, Myanmar. tersenyum karena masih bisa berinfaq untuk membantu saudara seiman muslim Rohingya.

    Lantunan doa terpanjatkan, menggema Se-Athirah. Mulai dari Athirah Kajaolalido, Athirah Bukit Baruga, dan Athirah Bone.

    (Baca juga) : Athirah Bone Peduli Rohingya

    Tenda yang terpasang di lapangan sepak bola Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga tak mampu menampung ribuan Siswa, Guru, Karyawan, dan Orang Tua Siswa. Beberapa diantara mereka ikhlas duduk dipinggiran pohon meskipun panas matahari menyengat.

    (Baca juga) : Peduli Rohingya, TK Islam Athirah 2 Tampil Membuka Acara Dzikir dan Doa

    Direktur Sekolah Islam Athirah H. Syamril, S.T., M.Pd. dalam sambutannya menekankan bahwa hari ini kita akan menyelamatkan saudara kita muslim Rohingya dengan doa dan dana kita. Semoga dengan itu, jika kita mampu menyelamatkan satu jiwa maka Allah mengatakan sama dengan menyelamatkan seluruh umat manusia. Sungguh ajaran islam sangat luar biasa dalam kemanusiaan.

    Jurnalis              : Selomitha, Alya
    Fotografer          : Ipul
    Penulis Berita    : Akbar











    By SD Bukit Baruga on 16 September 2017
    • Kegiatan

    Siswa merupakan bagian dari pemuda penerus cita-cita bangsa, karenanya kita harus mendidiknya dengan baik. Memberikan pendidikan terbaik dalam rangka menyiapkan mereka menuju masa depan yang gemilang sehingga mampu menjadi tonggak kemajuan bangsa.

    LDKS mencetak generasi muda yang berkarakter merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar sebuah organisasi di sekolah, seperti Organisasi Peserta Didik Intra Sekolah (OPDIS) di SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar atau kepramukaan. LDKS ini bertujuan untuk Menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, dan keteladanan kepada siswa.



    By SD Bukit Baruga on 16 September 2017
    • Kegiatan

    PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

    Kegiatan PHBS ini terlaksana atas kerjasama antara SD Islam Athirah 2 Bukit Baruga Makassar dengan Tim Dokter dari rumah sakit Hermina Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud dukungan sekolah terhadap jaminan mutu yang telah dicanangkan dalam tahun ajaran ini yaitu PHBS

    Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu :
    1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
    2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
    3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat
    4. Olahraga yang teratur dan terukur
    5. Memberantas jentik nyamuk
    6. Tidak merokok di sekolah
    7. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan
    8. Membuang sampah pada tempatnya



  • By SMA Boarding School Bone on 13 September 2017
    • Kegiatan

    Sebagai wujud kepedulian terhadap saudara muslim rohingya di Rakhine maka Athirah mengadakan kegiatan ” Athirah peduli Rohingya” yang diadakan serentak di tiga unit Sekolah Islam Athirah. Salah satunya sekolah Islam Athirah Bone.

    Tangis sedih mewarnai pembukaan acara yang dilaksanakan di Mushallah Fatimah Kalla itu karena diawali dengan pemutaran video aksi kekejaman polisi Myanmar terhadap muslim rohingya di Rakhine.

    By SMA Boarding School Bone on 13 September 2017
    • Kegiatan

    “ kita harus masuk surga se-Athirah.” Itulah kata direktur Sekolah Islam Athirah yang menjadi dasar adanya program tahfidz dan tahsin bagi para guru dan karyawan Sekolah Islam Athirah Boarding School Bone.

    “ kata-kata direkturlah yang menjadi dasar adanya program ini, karena salah satu jalan masuk surga adalah dengan memperbaiki bacaan al-quran.”  Ujar H. Haeruddin Lc. selaku wakil kepala sekolah bagian keasramaan dan tahfidz.

    By SMP Boarding School Bone on 11 September 2017
    • Kegiatan


    Panyula - Aksi peduli tragedi kemanusian warga ROHINGYA tak hanya dilakukan ormas Islam, tapi juga dari kalangan pelajar di tanah air. Seperti yang dilakukan oleh pelajar dari SMP Islam Athirah Bone, Mereka juga prihatin dan turut berduka atas tragedi di Rakhine, Myanmar itu.


    Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WITA sampai dengan 10.00 WITA tersebut  bertujuan untuk mengirim doa keselamatan dan kekuatan pada muslim Rohingya dihadiri seluruh siswa, guru, karyawan, sampai dengan orang tua siswa. Turut memberikan tausiyahnya adalah Ust. Ervan Arsyad selaku Ketua DPD Wahdah Islamiyah Bone.


    Tak berhenti sampai disitu saja, para jamaah juga menggalang dana  muslim Rohingnya. Kegiatan sosial dan doa ini dilakukan secara serentak di semua unit Sekolah Islam Athirah, baik di Bone maupun di Makassar.


    "Dengan diadakanya acara ini kita bisa termotivasi untuk selalu bersyukur kepada Allah, dan lebih peduli ke sesama umat muslim ," kata Nurholis, S.Pd, guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah itu dalam keterangan tertulis pada, Senin (11/9/2017).


    Kepala Sekolah SMP Islam Athirah Bone, Basri S.Si, S.Pd, M.Pd.  mengatakan, acara ini di gelar sebagai bentuk dukungan moril kepada korban kemanusiaan di Rohingya serta mengajarkan rasa empati kepada seluruh siswa. Pembelajaran, tidak hanya dalam kelas dan materi tertulis saja, tapi sikap dan kepedulian sesama harus ditumbuhkan siswa didik.


    "Semoga apa yang kita lakukan ini bisa sedikit meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Rohingya. Yang tak kalah penting juga, bisa mengajarkan siswa untuk belajar berempati kepada sesama," tandasnya.


    Salah satu siswa Muh.Afdal Nur Wahyu mengatakan dari jumlah dana yang terkumpul bisa membuktikan bahwa pelajar di Indonesia peduli terhadap Warga Rohingya. Uang yang terkumpul itu nanti akan disalurkan melalui lembaga yang berkompeten untuk warga muslim Rohingya. Zahran Ahnaf



    By SMA Boarding School Bone on 07 September 2017
    • Kegiatan

    Di atas segalanya adalah Allah swt. Dan apabila pemotongan dan pembagian hewan kurban ini lancar itu lantaran kehendak-Nya.Siswa-siswi Sekolah Islam Athirah Bone  tak mau ketinggalan berbagi di Hari Raya Idul Adha. Kemarin (4/9) mereka membagi-bagikan daging kurban kepada 100 tetangga di kiri dan kanan sekolah. Mereka berbagi daging kurban setelah menyembelih 7 ekor sapi dan 1 kambing di halaman sekolah. Hewan kurban itu dibeli dengan dana dari guru, orang tua, dan siswa.




Agenda 2

PENDAFTARAN PPDB

Untuk informasi lebih lengkap tentang pendaftaran peserta didik baru di Sekolah Islam Athirah, silahkan klik link PPDB ONLINE

Visi dan Misi

Menjadi sekolah unggul yang berciri Islam, berjiwa nasional serta berwawasan global.

Mengembangkan sistem pembelajaran yang mampu membekali peserta didik dengan kecerdasan spritual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual.

Motto

  • Anggun dalam bersikap dan perilaku yang Islami
  • Unggul dalam mutu dan prestasi
  • Cerdas dalam sains dan teknologi.

NILAI-NILAI KALLA

Kerja Ibadah
Apresiasi Pelanggan
Lebih Cepat
Lebih Baik
Aktif Bersama