Sunday, Feb 19th

Last update01:04:33 AM GMT

Kajaolalido

Wakili Indonesia ke Tingkat Dunia

E-mail Print PDF

Kiprah Muh Afdhal Qalam di dubnia karate perlahan bersinar, Setelah meraih medali pada berbagai kejuaraan tingkat NAsional, ia lantas dipilih mewakili Indonesia pada ajang 17th Nestle Milo Open Karate Championship 2016 di Malaysia.

Ajang tersebut diikuti oleh karateka-karateka terbaik dari 24 negara, denga total 1.000 lebih peserta. Afdhal menyukai karate sejak duduk di SD, dan terus mengembangkan bakatnya itu sampai sekarang.

Dorongan dan jejak karier orang tua sebagai atlet banyak berpengaruh pada kiprah afdhal di dunia karate.

Akhir tahun Afdhal kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional setelah merebut medali emas di vietnam.

Gerakan Literasi di SMA Athirah

E-mail Print PDF

SMA Islam Athirah 1 Makassar ditunjuk sebagai salah satu sekolah piloting gerakan literasi sekolah. Tujuannya adalah menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Salah satu upaya penumbuhan budi pekerti dapat dilakukan dengan cara membaca berbagai materi baca yang berisi nilai-nilai moral dalam konteks kebangsaan dan kenegaraan Indonesia. Tahun pelajaran 2016/2017 ini SMA Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan literasi 15 menit sebelum pelajaran pertama dimulai. Seluruh warga sekolah membaca buku non pelajaran.

Sebenarnya kegiatan berkaitan dengan literasi ini telah dilaksanakan di lingkungan Sekolah Islam Athirah sejak setahun yang lalu yaitu kegiatan “Reading Day” sebulan sekali. Kegiatan ini termasuk salah satu program unggulan Sekolah Islam Athirah yang digagas oleh Direktur SIA Bapak Edi Sutarto. Beliau juga mengajak para pimpinan, guru, dan peserta didik serta seluruh warga sekolah membiasakan membaca dan menulis. Hal ini sejalan dengan gerakan literasi sekolah yang dicanangkan pemerintah khususnya Kemendikbud. Kegiatan ini juga diperkuat dengan adanya permendikbud no 23 tahun 2016 tentang penumbuhan budi pekerti. Gerakan literasi sekolah dalam konteks ini adalah mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan berbicara. Semua itu ada dalam aspek berbahasa yang dipelajari dibidang studi Bahasa Indonesia.

Sukses Piala Jusuf Kalla Vol. 3

E-mail Print PDF

Piala JK vol 3 tahun 2016 kali ini mengusung tema BRILIANT YOUTH GENERATION WITH SPIRIT OF NATIONALISM . Assraf Assegaf selaku ketua panitia yang juga merupakan anggota paskibraka kota Makassar mengungkapkan maksud dari tema tersebut karena banyak generasi muda yang memiliki bakat khususnya bakat dibidang paskibrakaan tetapi belum banyak wadah untuk menyalurkannya. Event ini merupakan salah satu event bergengsi karena sma islam athirah 1 makassar terpilih sebagai sekolah yang dapat mengadakan lomba paskibra tingkat provinsi.

Lomba piala JK juga ini bertujuan menjalin hubungan silaturahmi yang baik dan saling mengenal antara sekolah yang ada di Makassar maupun luar Makassar. Piala JK vol 3 dilaksanakan mulai tanggal 23-27 februari 2016 di sekolah islam athirah. Pembukaan piala JK vol 3 itu dilaksanakan di tribun lapangan karebosi dan dihadiri oleh alumni PPI (purna paskibraka Indonesia) tingkat kota maupun provinsi, guru-guru sma islam athirah, bapak direktur Edi Sutarto beserta jajarannya, dan yang paling ditunggu kehadirannya yaitu bapak wakil gubernur H. Agus Arifin Numang yang sekaligus membuka lomba Piala JK vol 3. Selain undangan di atas, tentunya hadir juga 8 sekolah yang menjadi peserta piala JK vol 3 dimana mereka disuguhkan penampilan formasi barisan dari paskibra sma islam athirah 1. Adapun lomba-lomba pada piala JK vol 3 ini ada 2 yaitu lomba khusus seperti lomba baris berbaris, lomba tata upacara sekolah, serta lomba formasi barisan dan lomba umum seperti cerdas cermat, debat kepemimpinan, stand up comedy, mannud frau bapak Jusuf kalla dan Ibu Mufidah, dan lomba akustik.

Selama 5 hari banyak suka duka yang didapatkan baik antara peserta maupun panitia dan puncaknya pada penutupan tanggal 27 februari 2016 di auditorium sekolah islam athirah. Pada penutupan malam itu dihadiri oleh bapak Edi Sutarto dan Ibu Farida selaku Kepala Sekolah Sma islam athirah 1 makassar sekaligus menutup acara lomba piala JK vol. Selain itu terlihat hadir juga banyak alumni sma islam athirah maupun alumni PPI yang mungkin mereka jarang bertemu sebelumnya. Terakhir, acara paling ditunggu adalah pengumuman juara umum Piala JK vol 3 yaitu dari sma negeri 11 makassar dan piala bergilir diberikan langsung oleh alumni PPI berserta Ibu farida Kepala sekolalah sma islam athirah 1 makassar.

Kenal Lebih Dekat dengan Kampus Terbaik

E-mail Print PDF

Sma Islam Athirah memiliki program tahunan yang sudah diterapkan dari 3 tahun lalu yang dinamakan observasi kampus atau kunjungan kampus. Kunjungan kampus ini dilakukan pada kampus-kampus negeri ternama baik di Makassar maupun di pulau Jawa. Kegiatan ini bertujuan agar siswa(i) sma islam athirah Makassar mengenal langsung kampus idaman mereka serta dapat langsung bertanya tentang kriteria dari kampus tersebut. Kunjungan kampus tahun 2015 ini tidak jauh beda dengan tahun sebelumnya mulai dari pembagian wilayah yang akan dikunjungi yaitu barat dan timur, digabungnya sma athirah kajaolalido dan sma athirah bukit baruga Makassar, dan kampus yang akan dikunjungi. Satu yang berbeda adalah untuk kegiatan kunjungan kali ini panitianya merupakan siswa(i) itu sendiri dan tetap didampingi oleh guru-guru dan pimpinan. Siswa(i) yang menjadi panitia tentunya diajarkan bagaimana menghandle kegiatan ini dimana pesertanya adalah teman-teman mereka juga, mulai dari pemilihan travel, waktu kunjungan, sampai mengatur tata tertib selama kegiatan ini berlangsung. Kegiatan ini berlangsung setelah ujian semester yaitu tanggal 13-18 desember. Wilayah yang dikunjungi untuk barat adalah Jakarta, bandung, bogor dan timur adalah Surabaya, malang, dan Jogjakarta. Dalam kunjungan ini, siswa(i) bertemu dengan perwakilan kampus kemudian akan dijelaskan tentang kampus tersebut dan beberapa kriteria untuk penerimaan mahasiswa baru. Setelah presentasi dari kampus, siswa(i) sma athirah makassar begitu antusias untuk mengemukakan pendapat dan bertanya mengenai kampus tersebut sampai mereka mendapatkan jawaban yang mereka harapkan. Setelah itu, siswa(i) diajak berkeliling kampus untuk melihat fakultas-fakultas serta fasilitas yang ada di kampus tersebut. Dari semua kampus yang telah dikunjungi, mereka dapat membandingkan dan segera menentukan pilihan yang tentunya sesuai dengan apa yang telah mereka dengar dan lihat. Seluruh siswa(i) sma Islam Athirah 1 makassar mengungkapkan kepuasan mereka dengan adanya kegiatan ini karena dapat menambah informasi tentang kampus impian mereka.

Bangga Jadi Paskibraka

E-mail Print PDF

M. Asyraf A Assagaf, siswa SMA Islam Athirah Kajaolaliddo, mengaku beruntung terpilih mewakili sekolah untuk menjadi anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Kota Makassar angkatan 2015.

Asyraf, begitu ia biasa disapa, menceritakan pengalamannya menjalani latihan selama enam bulan dengan jumlah anggota 70 orang yang berasal dari berbagai sekolah di Makassar.

Terik matahari seakan menjadi teman setianya selama latihan. Selain itu, dia juga dilatih untuk menjadi seorang yang disiplin dan memiliki etika yang baik.

Puncak kebangganya dirasakan pada saat pengibaran bendera yang disaksikan oleh beberapa pejabat Kota Makassar serta pegawai dari beberapa instansi. Kopiah hitam, baju seragam putih, dan hentakan sepatu hitam menambah kepercayaan Asyraf sebagai seorang Paskibraka. Tidak semua orang mendapatkan kesempatan ini, jadi saya sangat bangga menjadi salah satu orang yang mendapatkan kesempatan itu dan bangga menjadi kebanggan orang tua, tutur Asyraf.

Page 1 of 11

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  8 
  •  9 
  •  10 
  •  Next 
  •  End 
  • »