Thursday, Jul 30th

Last update01:25:11 AM GMT

You are here: TK Kajaolalido

Kajaolalido

Parents Day TK Islam Athirah Kajaolaliddo

Pengalaman Jadi Guru TK

Beberapa jam bersama anak didik TK Islam Athirah Kajaolaliddo memberikan banyak pengalaman baru bagi para orang tua yang menjadi volunteer pada kegiatan Parents Day, 25 Februari 2015. orang tua senang mendapat kesempatan mengajar, mereka menikmati bermain dan bersama anak TK. Mereka mengakui, menjadi guru TK itu susah. “Ternyata tidak mudah menjadi guru TK, harus butuh persiapan matang dan pengetahuan teknik menangani bakat anak-anak,” testimoni orang tua setelah kegiatan. Materi yang dibawakan pada sesi pertama secara kolosal adalah Sex Education yang dibawakan oleh DR. dr Nasruddin, S.P.Og. orang tua dari kelompok A Al Fattah. Pada sesi kedua, anak-anak ke kelas bermain bersama para ayah dan bunda yang akan menemani bermain sebagai pengganti guru pada hari tersebut

Juara Dai Cilik Itu Bernama Sakinah



Sekolah Islam Athirah punya jagoan baru dalam hal berdakwah. Namanya Sakinah Mawaddah Rahmah.

Pada 17 Februari 2015, Sakinah sukses mengangkat trofi lomba dai cilik TK Islam Athirah Kajaolaliddo. “Alhamdulillah, saya juara,” kata Sakinah singkat.

Lomba dai ini bertujuan melatih daya ingat dan rasa percaya diri anak didik. Di samping itu, lomba ini juga memotivasi daya kompetisi yang sehat di antara anak. Kegiatan ini berlangsung melalui tahap audisi. Semua anak didik mempunyai kesempatan untuk mengikuti lomba.

Sakinah punya trik khusus pada lomba ini. Sakinah bekerja sama dengan sang bunda untuk menguasai materi. Bunda Sakinah mencari strategi bagaimana supaya anaknya dapat paham (bukan menghafal) tentang materi yang akan disampaikan.

Market Day TK Islam Athirah Kajaolaliddo

Aksi Pengusaha Belia

Teras kelas TK Islam Athirah Kajaolaliddo tampak berbeda dari biasanya pada 26  Februari 2015.

Yang menjadi penjual adalah anak didik TK Islam Athirah. Buah segar, alat tulis, dan kue menjadi sama orang tua. Sabar menunggu, berbahasa yang santun, mengenal nilai uang yang digunakan bertransaksi, dan berlatih mengucapkan terima kasih kepada pembeli merupakan inti dari kegiatan ini.

Asyiknya Belajar Dunia Binatang

Asyiknya Belajar Dunia Binatang

Anak didik TK Islam Athirah Kajaolaliddo, mengatakan senang mengikuti acara fieldtrip tersebut. “Kita bisa lihat banyak binatang,seperti beo, pelikan, ular, kadal, dan masih banyak lainnya,” kata anak didik kelahiran 26 Oktober 2009.

Lebih jauh, Koordinator field trip, Nurnasra SPd, menjelaskan bahwa event tersebut merupakan agenda rutin yang digelar TK Islam Athirah Kajaolaliddo. Pelaksanannya bisa sampai 2-3 kali setahun. “Untuk edisi kali ini, temanya mengenai binatang. Jadi, kami, guru-guru pendamping, memberi pengajaran mengenai keanekaragaman jenis binatang,” ucap Nasra. (*)

Trial Kelas

 

Trial Class Berkonsep Moving Class

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat luas TK Islam Athirah Kajaolaliddo melakukannya dengan cukup unik dan berkesan melalui kegiatan yang diberi nama Trial Class.

Cara TK Islam Athirah Kajaolalaliddo ini terbilang bagus, apalagi memberi manfaat. Koodinator acara,Kartia Amriani, mengatakan, Trial Class ini bertujuan untuk memperkenalkan pola didikan yang diterapkan TK Islam Athirah Kajaolalaliddo kepada masyarakat.

“Ada lima TK yang datang. Program ini baru pertama kali digelar. Sistem­nya seperti moving class.

Jadi setiap TK ini anaknya digilir ke setiap kelas yang su-dah disediakan berbagai konsep,” akunya Kartia. Ketua panitia, Hj Rahmi Saleh, menambahkan, ada empat konsep kelas dilakukan, di antaranya, kelas tahfiz, cook-ery, sains, dan art

Karangtina Penghafal Alquran

Karantina Penghafal Alquran

Memantapkan diri sebagai sekolah yang berciri Islam, Sekolah Islam Athirah kembali menghadirkan program terba­ ru, yakni karantina hafidz quran. Program karantina hafidz quran ini menfokuskan pada anak usia 4-8 tahun. Hal ini sebagai upaya menciptakan bibit unggul sebagai hafidz quran dari sejak dini.

Karantina yang akan berjalan selama dua bulan ini dimulai dari pagi, pukul 07.00-09.00, dengan mendapatkan pendampingan khusus dari guru-guru tahfidz terbaik. Dalam proses karantina, siswa dibekali cara menghafal dengan mudah dan menyenangkan anak didik dibekali cara menghafal dengan mudah dan menyenangkan  yakni menggunakan metode Kaysa, sebuah metode yang mudah dan menyenangkan bagi anak-anak, karena melafadzkan ayat-ayat Alquran dengan gerakan sesuai dengan makna dari ayat yang dibacakan. Insya Allah kelak dari sekolah ini akan lahir generasi Islam yang kaffah, cerdas intelektual, spiritual, dan emosional

 

Gelar Eskul TK Islam Athirah Kajaolaliddo

Memasuki semester kedua, TK Islam Athirah 1 Kajaolaliddo menggelar kegiatan Gelar Ekskul, sebuah kegiatan yang menampilkan kemampuan anak-anak di setiap ekskul yang diikuti, seperti tarian, pencak silat, menggambar, vocal, angklung. Mereka tampil di depan orang tua, dengan percaya diri.

“Sekolah memfasilitasi dengan kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada siang hari,” kata Ibu Herlina, S.Pd., koordinator kegiatan GelarEkstrakurikuler tahun 2015. Acara gelar ekskul ini juga menjadi laporan pertanggungjawaban kepada orang tua, atas perkembangan kemampuan anak.

Perkenalkan Budaya Sejak Dini

Menanamkan kecintaan terhdapa budaya local sejak dini menjadi kewajiban orang tua dan guru sebagai pendidik, mengingat semakin tergeruskanya kearifan lokal oleh modernisasi, inilah salah satu alas an sehingga TK Islam Athirah I Kajaolaliddo menggelar acara Pekan Budaya Nusantara.

Kegiatan tahunan ini mengambil tema “mengenal keaneka ragaman budaya Indonesia sejak dini”, kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari wali murid dan civitas SIA, tahun ini memamerkan 5 provinsi, Bali, NTB, Kalbar, Sumut dan Sulut,.

Tampilan ornament dan ciri khas setiap daerah menghias setiap ruangan kelas, mulai dari pakaian adat, rumah adat, makanan traditional dan objek pariwisatanya dapat kita saksikan di setiap stand.

Memeriahkan acara pecan budaya ini, juga digelar beragam lomba, dianataranya, lomba seni traditional, masakan tradisional, fashion show, dan lomba puzzle, semua rangkaian kegiatan ini melibatkan seluruh wali murid, sehingga acara tahunan ini menjadi semakin marak.

Khataman TK Islam Athirah

TK Islam Athirah kembali menggelar khataman Surah, kegiatan yang dikemas dengan Khataman Surah dan Isra Mi’raj ini melibatkan seluruh unit TK Islam Athirah.

Kegiatan khataman surah dan Isra Mi’raj dibuka dengan Art Opening yang mengangkat kisah Isra Mi’raj serta korelasinya dengan dunia parenting, yang di perankan oleh guru-guru TK Islam Athirah.

Khataman Surah tahun ini bagian dari ujian hafalan siswa TK Islam Athirah di depan orang tua siswa, tahun ini target hafalan untuk Kelas A surah At-Takasur-An-Nas, untuk kelas B Surah Al-Maun-An-Nas,

Di hadapan orang tua dan siswa, murid TK SIA menghafalkan beberapa surah dengan di simak/di dengarkan langsung oleh para guru tahfidz, dalam hal ini dibagi beberapa kelompok, untuk TK Kajaolaliddo menghafalakan surah Al-Ghasyiah, TK Baruga menghafalkan surah As-Syams, dan TK Racing menghafalkan surah Az-Zalzalah, dan untuk metode gerak menghafalakan surah Al-Muthaffifin.

Kegiatan ini ditutup dengan khataman kolosal dimulai dengan kelas A kemudian kelas B, serta surah pilihan yakni surah ayat kursi, dilanjutkan dengan tanya jawab langsung tentang arti surah, jumlah ayat, dan kandungan surah.

 

TK Kajol Juara di Gebyar PAUD 2014

Gebyar pramuka pra siaga PAUD 2014 merupakan kegiatan perdana, kegiatan yang dikhususkan untuk PAUD ini bertujuan untuk mengenalkan kegiatan pramuka di usia dini, dan persiapan memasuki jenjang SD yang menerapkan kurikulum 2013.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh IGTKI-PGRI ini di pusatkan di Auditorium amanagappa UNM, berlangsung semarak dan meriah, diisi dengan aneka lomba, untk kesempatan ini TK ISlam Athirah Kajaolaliddo menyabet  3 juara, Juara1 lomaba membuat simpul pangkal, juara harapan 1 lomba tiup kertas, dan juara harapan 1 lomba menjepit sapu tangan.

Ketika Orang Tua Jadi Pengajar

Kegiatan proses mengajar yang dilaksanakan oleh guru merupakan hal yang lumrah, namun ketika rutinitas tersebut dijalankan oleh orang tua siswa, maka hal tersebut akan menjadi istimewa, hal ini yang terjadi di TK Islam Athirah Kajaolaliddo, kegiatan yang dikemas dalam acara Parents Day menghadirkan orang tua siswa sebagai pengajar pengganti guru di setiap kelas.

Kegiatan parents day merupakan kegiatan tahunan, yang bertujuan membina hubungan antara civitas sekolah dengan orang tua siswa, beragam profesi dari orang tua siswa memberikan warna dalam hal pembelajaran, sebagai contoh ada orang tua berprofesi sebagai polisi mengajarkan sopan santun di jalan raya, serta memperkenalkan rambu-rambu jalan, dan yang paling unik salah seorang dari orang tua siswa mengajarkan cara membuat roti, mulai dari menyiapkan adonan, menggoreng, dan cara menghidangkannya.

Api dan Air mentas di TK Kajaolaliddo

Tampil sebagai pementas ke II, TK Islam Athirah Kajaolaliddo tampil memukau dengan konsep cerita air dan api.

Dihadapan ratusan penonton siswa/wig TK SIA, berakting bak pemain lakon profesional, dalam penampilan kostum anak-anak dibagi menjadi beberapa tema, selain jadi api dan air, ada juga yang menjadi penari payung serta pelangi.

Kolaborasi apik antara guru murid dan orang tua menjadikan pertunjukan ini menjadi hidup, diakhir acara orang tua tampil kepanggung menyerahkan bingkisan kepada setiap adik-adik TK SIA, sebagai bentuk apresiasi orang tua atas keberanian seorang anak tampil di depan umum.

Menjernihkan Air Ala TK Kajaolaliddo

Mengasah kecerdasan anak di usia dini dapat dilakukan dengan beragam cara, tidak mesti melalui proses pendidikan dalam ruangan kelas, hal inilah yang dilakukan oleh TK Islam Athirah Kajaolaliddo, Sebagai puncak kegiatan yang bertema AIR siswa TK Kajaolaliddo mengadakan percobaan.

Bertempat di Plaza TK Islam Athirah digelar percobaan cara menjernihkan air keruh, anak-anak dibagi dalam kelompok perkelas, mereka didampingi oleh wali kelas masing-masing, sebelum proses percobaan guru pendamping menjelaskan alat Ana bahan yang digunakan, setelah itu anak-anak diminta untuk mengulangi nama alat dan bahannya.

Dengan secara bergantian anak-anak maju satu persatu memasukkan bahan ke dalam wadah air yang telah disediakan. Sorak sorai dari anak-anak ketika melihat hasil percobaannya berhasil setelah melihat air yang sebelumnya keruh menjadi jernih.

Kegiatan ini ditutup dengan presentasi dari perwakilan setiap kelompok dan ini menjadi latihan agar anak dari usia dini mampu berbicara dengan baik, yang kemudian terangkum dalam Visi Athirah tahun ini “ Cerdas Berkarakter Berbasis Keterampilan Berbahasa”

Market Day di TK ATHIRAH Kajaolaliddo

Membangun mental enterpreunership sejak dini, TK Islam Athirah Kajaolaliddo menyelenggrakan acara Market Day, 28/11/13

Kegiatan Market Day melibatkan siswa/siswi guru dan orang tua murid, siswa/siswi diajarkan cara transaksi dan promosi prodak yang mereka jual. Kegiatan ini mendapat perhatian dari seluruh sivitas Sekolah Islam Athirah, hal ini dibuktikan dengan sesaknya pengunjung dari beberapa unit baik, guru, karyawan dan siswa tumpah ruah memenuhi setiap Stand yang disediakan untuk berbelanja.

Jajaran Satnd yang ada dipenuhi dengan berbagai macam barang jualan, mulai dari, makanan, alat tulis menulis, serta beberapa askesoris.

para siswa/siswi didampingi oleh guru dan orang tua melayani para pembeli dengan antusias.

Pagelaran Cita-Citaku TK Islam Athirah Kajaolaliddo

Menumbuhkan sikap percaya diri sejak dini kepada anak didik merupakan salah satu dari muatan pembelajaran yang sangat penting dalam sebuah pendidikan, menyadari hal tersebut TK Islam Athirah Kajaolaliddo mengadakan acara Cita-Citaku. 12/9/13.

Kegiatan ini dikemas menarik, dimana siswa/wi memakai kostum sesuai dengan cita-cita mereka, tidak ketinggalan orang tua juga hadir memberikan dukungan penuh kepada anak-anaknya.

Mengawali acara ini, adik-adik siswa/wi diajak keliling ke kantor Manajemen, Unit SD, SMP dan SMA, disele-sela kunjungan ini mereka dipersilahkan memperkenalkan diri dan cita-citanya dihadapan guru dan karyawan.

Sebagai acara penutup diadakan lomba presentasi cita-citaku, bertindak sebagai juri adalah orang tua murid, bagi pembicara terbaik, akan mendapatkan bintang yang banyak.

Selepas berbicara mereka mendapatkan medali dan bingkisan sebagai apresiasi keberaniannya berbicara di depan orang tua mereka.

Gerak dan Lagu di Acara Open House TK Islam Athirah Kajaolaliddo

Perkembangan TK sekolah Islam ATHIRAH terus dipacu, terutama dalam hal kualitas pembelajaran, hal ini terungkap dari kegiatan Open House yang digelar di Auditorium SIA, Sabtu 31 Agustus 2013.

Bertindak sebagai MC Abi Ade membuka acara Open House dengan mengundang Abi Ahmad membacakan doa’a pembuka, agar kiranya acara Open House dapat berjalan dengan lancar dan diridhoi oleh Allah SWT.
Sebagai program unggulan TK Islam ATHIRAH, sisiwa/siswi tampil membawakan hafalan surah Al-Fatihah, ini dimaksudkan agar orang tua siswa/wi TK Islam ATHIRAH mengetahui bersama bahwa kini anak-anak TK Islam ATHIRAH mampu menghafal Al-Quran dengan mudah.

Selaku kepala sekolah Ummi Ida tampil membawakan profil TK Islam ATHIRAH serta kegiatan yang akan berjalan selama setahun, dalam pemaparannya beliau mengawali dengan ucapan terima kasih atas kehadiran orang tua murid yang rela meluangkan waktunya untuk hadir di acara Open House, “ini merupakan Open House yang paling ramai, meskipun kami mengadakan acara serupa di setiap tahunnya, Ucapnya dengan nada senang”

Demontrasi pembelajaran Tahfidz dengan metode UMMI juga ditampilkan, Abi Ahmad tampil memimpin sisiwa/wi TK Islam ATHIRAH, merekapun dengan mudah mampu membaca huruf demi huruf dengan lancar, meskipun ada beberapa murid yang ketiak diminta untuk membaca masih malu-malu.

Sebagai penampilan terakhir sisiwa/wi TK Islam ATHIRAH menampilkan Gerak dan Lagu, dengan irama lagu berirama beat cepat, mereka pun bergoyang bersama, hal ini tentu membawa ruangan menjadi ramai dengan tingkah anak-anak TK Islam ATHIRAH, sehingga orang tua merengsek kedepan untuk mengabadikan dalam foto dan video.
Sebagai sesi Ke 2, orang tua diajak untuk mengunjungi kelas putra dan putri mereka

TK Athirah Kajol Bebagi Sembako

Kegiatan bagi sembako kembali digelar, kali ini diadakan oleh TK Islam Athirah Kajaolaliddo, dengan mengundang kaum dhuafa dari sekitar sekolah, tukang parkir serta bujang sekolah Islam Athirah 8/2/13.

sebelum kegiatan pembagian sembako siswa/wi TK Islam Athirah serta orangtuanya mendengarkan Arahan singkat dari Abi Ahmad, tentang esensi kegiatan berbagi, hari ini kita berkumpul guna memupuk rasa solidaritas dan kepedualian kita sesama ummat manusia.

para undangan yang telah mendapatkan kupon dapat menukarkan kuponnya di stand yang telah ditata rapi berupa, Beras, mie instant, susus kaleng, gula, teh, serta pakaian layak pake.
hal yang unik adalah karena semua stand tersebut dijaga langsung dengan siswa/wi TK Islam Athirah beserta orang tuanya dan Guru-guru, sebagian canggung dan malu-malu ketika harus menerima kupon dan menukarkannya dengan sembako, namun karena adanya pendamping akhirnya Siswa/wi TK islam Athirah dapat melayani dengan baik.

sebelum meninggalkan lokasi berbagi, para undangan juga mendapatkan amplop yang berisi uang tunai, yang juga diserahkan langsung oleh siswa/wi TK Islam Athirah

KUPU-KUPU TK ISLAM ATHIRAH KAJAOLALIDDO MERIAHKAN MALL RATU INDAH MAKASSAR

Setelah dihari pertama, SMP/SMA IslamAthirah Boarding School Bone dan TK Islam Athirah Racing Centre, serta di hari kedua TK Islam Athirah Bukit Baruga menghibur para pengunjung Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Kini giliran TK Islam Athirah Kajaolaliddo yang menghibur para pengunjung di MaRI.

Di hari ketiga Pameran Pendidikan Sekolah Islam Athirah, TK Islam Athirah Kajaolaliddo berhasil menarik perhatian pengunjung dengan penampilan Tahfidz murid TK Islam Athirah Kajaolaliddo. Para murid yang tampil tersebut membawakan Tahfidz surah Al Fatihah, Al Lahab, dan Surah An Naba’.

Setelah penampilan tim Tahfidz, TK Islam Athirah Kajaolaliddo menampilkan Pentas Drama yang berjudul “Aku Ingin Selalu Ada”. Pentas drama yang bertema Fable dan diselipkan tarian dan musik yang membuat para pengunjung MaRI bersorak dan bertepuk tangan melihat aksi panggung dari para murid. Pentas drama kali ini semakin spesial karena disaksikan langsung oleh Mufidah Yusuf Kalla.

 

 

Cooking Session

Masih dalam rangkaian Gelar Apresiasi Seni dan Budaya Internasional, TK Islam Athirah kajaolalido pada rabu kemarin mengadakan cooking session yang diikuti oleh orangtua berkolaborasi dengan anaknya. Kompetisi ini tetap mengusung tema masakan khas dari 4 negara yaitu China, Jepang, belanda dan Mesir. Pada kesempatan itu, Direktur SIA Drs. Edi Sutarto, M.Pd dan Kabag Humas SIA Muthmainnah, M.Pd menjadi juri untuk menilai kreatifitas orangtua dan anaknya dalam membuat dan menyajikan masakan khas sesuai dengan tema negara masing-masing didampingi Nurwahidah, A.Ma, S.P sebagai Kepala Sekolah TK Islam Athirah Kajaolalido. Dan disela acara tersebut, Ibu Nurwahidah menjelaskan. Tujuan dari pelaksanaan ini yaitu pelibatan secara aktif orangtua anak dan untuk mendukung kreatifitas anak pada masa perkembangannya serta melatih kekompakan satu sama lain. *


 

Gelar Apresiasi Seni dan Budaya Internasional

TK Islam Athirah kembali mengadakan sebuah event besar di akhir tahun ajaran 2012-2013. Event yang diberi nama “Gelar Apresiasi Seni dan Budaya Internasional” ini akan diadakan selama empat hari mulai 29 April 2013 hingga 02 Mei 2013 mendatang. Dalam event kali ini ada beberapa kegiatan ataupun perlombaan yang akan diadakan yakni Pemeran Budaya, Fashion Show with Mom/Dad, Cooking Session, Gelar Aksi, Presentasi Anak, Lomba Mozaik Budaya.Event seni dan budaya ini berlangsung di dua lokasi yakni di TK Islam Athirah Kajaolaliddo dan TK Islam Athirah Bukit Baruga.

Event yang berlangsung di dua tempat ini, untuk di TK Islam Athirah Kajaolaliddo dibuka oleh Direktur Sekolah Islam Athirah Drs. H. Edi Sutarto dan untuk di TK Islam Athirah Bukit Baruga dibuka oleh Kepada Divisi Akademik Sekolah Islam Athirah Drs. Patris Hasanuddin, M.Pd. Dalam event ini juga turut hadir Kepala TK se-Kota Makassar.

Setelah pembukaan “Gelar Apresiasi Seni dan Budaya Internasional”, Drs. H. Edi Sutarto beserta rombongan melakukan penilain Mozaik Budaya untuk setiap kelas, baik yang ada di TK Islam Athirah, maupun yang ada di TK Islam Athirah Bukit Baruga. Untuk di TK Islam Athirah terdapat 4 Mozaik/miniatur Negara yang begitu unik dan mengagumkan yakni Mesir, China, Jepang, Belanda. Berbeda dengan yang ada di TK Islam Athirah Kajaolaliddo, di TK Islam Athirah Bukit Baruga menghadirkan mozaik budaya tradisional yakni budaya Jawa dan Sulawesi Selatan, selain itu ada pula budaya internasional seperti Arab Saudi, Jepang, dan Amerika.

 

Page 1 of 3

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  Next 
  •  End 
  • »