Berita

on 22 Juli 2021
  • Berita
  • TK Bukit Baruga

TK Islam Athirah 2 melakukan pemotongan hewan qurban dengan menyembelih 1 ekor sapi. Peserta Qurban adalah guru dan orang tua murid TK Islam Athirah 2.

Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di hari ke 2 tasyrik yaitu kamis, (22/07/2021) bertepatan pada 12 Dzulhijjah 1442 H.

Prosesi pemotongan dilakukan di halaman belakang TK Islam Athirah 2. Tim yang bertugas sebagai penyembelih adalah pemilik sapi, tata usaha dan office boy TK serta seorang petugas penyembelih yaitu ust Muhammadong S.Ag yang juga guru bidang studi agama Islam di SD Islam Athirah 2. 

Sebelum dilakukan pemotongan ust Muhammadong S.Ag selaku petugas penyembelih mengumandangkan takbir sambil membacakan doa bagi peserta yang berqurban. Proses pemotongan dilakukan sekitar pukul 09.30 WITa.

Setelah proses penyembelihan hewan qurban di kuliti lalu dagingnya dipotong-potong dan di packing. Setelah di packing daging qurban ini diperuntukan ke peserta qurban dan selebihnya dibagikan ke guru karyawan athirah dan ke masyarakat sekitar. 

Pemotongan hewan qurban sebagai bukti ketaatan umat islam terhadap Allah swt dan sebagai kecintaan terhadap pengorbanan Nabi Ibrahim As dan Ismail. Sebagaimana dalam QS As Saffat ayat 102 yang artinya : “maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya (Ibrahim) berkata : wahai anakku! Sungguh aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!. Dia (Ismail) menjawab, wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu, Insya Allah engaku mendapatiku termasuk orang yang sabar”. Inilah peritah berqurban yang dilaksanakan oleh ummat Islam di seluruh dunia yang dimulai di hari lebaran hingga hari Tasyrik yaitu 11, 12 dan 13 Dzulhijjah.

Harapannya semoga tahun depan TK Islam Athirah bisa berqurban dengan menyembelih lebih banyak hewan qurban serta bisa menyalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

Citizen Reporter : Nirwana, ST.