Berita

on 30 Juli 2021
  • Berita
  • TK Bukit Baruga

TK Islam Athirah 2 lakukan Bina Diri kepada anak didik sejak dini. Kegiatan ini dilakukan sebelum pembelajaran sentra dimulai selama sepekan pada tanggal (25-30/7/2021).

TK Islam Athirah 2 mengadakan pembelajaran Bina diri agar anak didik TK Athirah Islam Athirah 2 dapat lebih mandiri.

Kegiatan bina diri di laksanakan di setiap kelas dan dikawal oleh wali kelas masing-masing antara lain untuk kelompok Al Aziz oleh Asmy, kelompok Al Kholiq oleh Lilik, kelompok Al Mushawwir oleh Mirawaty, kelompok Ar Rasyid oleh  Nirwana, kelompok Al Latif oleh Sriwati. Materi yang yang diberikan pun seragam dengan semua kelas sesuai yang telah disepakati sebelumnya.

Pada pertemuan pertama (Senin), anak didik diperkenalkan tentang  bangun pagi. Setelah bangun pagi dibiasakan anak didik berdoa dan kemudian merapikan tempat tidur.

Selanjutnya pada hari selasa anak didik diperkenalkan tentang adab masuk kamar mandi. Ketika masuk kamar mandi diawali dengan doa dan melangkah dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan serta jangan lupa  menutup kamar mandi. sebaiknya di kamar mandi tidak berbicara atau menyanyi serta menggunakan air secukupnya dan menutup kran kembali bila sudah tidak di gunakan kembali.

Di pertemuan ke tiga (Rabu) di perkenalkan untuk sikat gigi. Anak diperkenalkan cara sikat gigi yang benar dan kapan saatnya sikat gigi. Ketikan makan makanan yang manis sebaiknya berkumur agar gigi tidak sakit dan selalu terjaga kebersihannya.

Kegiatan di hari Kamis anak didik di perkenalkan pula tentang adab makan dan minum. Sebelum makan diawali dengan berdoa dan diakhiri dengan berdoa pula. Mengambil makanan yang terdekat dan diambil secukupnya agar bisa dihabiskan dan makan dengan rapi. 

“Hal ini bertujuan untuk menanamkan pada anak agar bertanggung jawab terhadap makanan yang di ambil untuk menghabiskannya. Makan dengan tangan kanan dan jangan meniup makanan . Hal ini terdapat dalam hadist. ‘Nabi SAW melarang dari bernafas di dalam wadah air( bejana) atau meniupnya’.( HR Tarmidzi no. 1888. Abu Daud no 3728 dan Ibnu Mqjah no 429)”jelas salah satu wali kelas TK Islam Athirah 2.

Di hari ke lima (Jum’at) para guru juga menumbuhkan rasa tanggung jawab anak didik agar mau merapikan mainan yang telah di gunakan dan dikembalikan ketempat semula.

Melalui kegiatan ini, TK Islam Athirah 2 mengedukasi anak didiknya agar lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Citizen Reporter : Lilik Sri Handayani, S.Pd.