Berita

on 22 September 2021
  • Berita
  • TK Bukit Baruga

Sekolah Islam Athirah telah melakukan survei dibeberapa lokasi di kota Makassar yang akan dijadikan Kampung Binaan, akhirnya panitia beserta pimpinan Sekolah Islam Athirah memutuskan bahwa Kampung Binaan Wilayah Baruga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang yang berlokasi di jalan Borong Raya Jambu, kelurahan Tamangapa Kota Makassar pada hari Rabu, 22/09/2021 diresmikan menjadi Kampung Binaan Wilayah Baruga Sekolah Islam Athirah.

Sebelum Wilayah Binaan ini di resmikan pihak Sekolah Islam Athirah melakukan perbaikan agar tempat belajar tersebut menjadi nyaman bila di pakai belajar nantinya.Kampung Binaan ini dapat berjalan atas partisipasi antara guru dan karyawan di wilayah Baruga.

Ketua Taman Baca, Naharia mengungkapkan bahwa ada banyak anak yang tidak memiliki kesempatan belajar. “Pesertanya ada ratusan anak-anak dan mereka tidak memliki kesempatan belajar di sekolah lantaran terkendala ekonomi,“ uangkap Naharia.

Dengan adanya Kampung Binaan ini, anak-anak mendapat kesempatan untuk belajar mengaji, membaca Menulis dan Berhitung (Calistung). Dengan jumlah anak yang besar maka Sekolah Binaan akan dikelompokkan berdasarkan usia agar terjadi kelompok kecil agar lebih mudah dalam mendidik dan membina mereka.

Menurut ketua panitia Kampung Binaan, Wahyudin menjelaskan beberapa hal tindakan telah di kampung binaan. “Yang sudah kami lakukan adalah perbaikan fasilitas, seperti tembok, penambahan peralatan dan perbaikan akan di lakukan secara bertahap,” jelas Wahyudin.

Di Kampung Binaan ini panitia mempunyai beberapa program antara lain pembelajaran tahfidz dan menghafal al quran, calistung ( membaca, menulis dan berhitung) karena di lingkungan ini perlu sentuhan calistung karena masih banyak anak yang belun tahu membaca, menulis dan berhitung. Selain itu sangat di perlukan pembelajaran  fiqih dan akidah akhlak.

Peresmian ini di lakukan secara langsung dan Daring ( agar teman – teman yang ada di Sekolah Islam Athirah atau pun ada di rumah dapat menyaksikan peresmian Kampung Binaan ini. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah. Lurah  Tamangapa, Babinsa, Ketua RT .

Kampung Binaan ini diharapakan dapat menjadi cikal-bakal bertambahnya Kampung Binaan yang lain agar anak-anak yang terkendala dalam ekonomi dapat menikmati dunia pendidikan.

Citizen Reporter : Lilik Sri Handayani,S.Pd