Kegiatan

on 21 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Pengurus OSIS SMP-SMA Islam Athirah Bone bidang keagamaan menggelar lomba menghias telur atau yang akrab disebut Male pada tradisi masyarakat Sulawesi Selatan. Lomba yang dilaksanakan pada hari libur maulid (20/10) tersebut diadakan di asrama dan dipamerkan di Masjid Fatimah Kalla sesaat setelah salat ashar.

Lomba yang diadakan per kelas SMP dan SMA tersebut disambut antusiasme siswa yang bahu membahu menghias telur dan ketupatnya di dalam baskom sedari pagi untuk ditampilkan dan dinilai oleh dewan juri yang telah ditunjuk dari guru dan pembina.

“Menghias telur dengan berbagai model yang ditancapkan di atas ember yang berisi aneka menu masakan seperti ketan (sokko) dengan aneka lauknya merupakan tradisi bugis Makassar untuk memeriahkan Maulid Nabi yang dirayakan di masjid atau surau. Kebetulan di Athirah Bone dibuat agak berbeda karena menggunakan ketupat,” terang Ustad Fadli, salah satu pembina asrama di Athirah Bone.

Saat diwawancarai, Wakil Kepala SMP Islam Athirah Bidang Tahfidz dan Keasramaan, H. Haeruddin, Lc. Mengungkapkan bahwa dalam tradisi Male di Bugis Makassar terselip pesan berbagi dengan sesame, sehingga di dalamnya terdapat nilai-nilai social dalam masyarakat.

“Male ini kan sifatnya tradisi yang digelar di masyarakat untuk Maulid. Setelah ditampilkan kemudian ada cara makan bersamanya. Kegiatan ini memuat pesan berbagi dengan sesama.  Jadi ada nilai-nilai social di dalamnya,” Ungkap Ustad Alumnus Universitas Al Azhar Cairo Mesir tersebut.

Usai ditampilkan untuk dinilai, Male yang telah dinilai kemudian dikembalikan kepada kelompok peserta untuk kemudian dibagikan dan dimakan bersama-sama. Nurholis_Tim Athirah Web (ig @nurholismuh)