Berita

on 22 Oktober 2021
  • Berita
  • SD Bukit Baruga

Sebuah kesyukuran bagi keluarga besar SD Islam Athirah 2 Makassar setelah salah satu alumninya lolos ke Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Nasional bidang studi IPA yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2021. 

Adalah ananda Malika Safa Dwi Hartini, alumnus SD Islam Athirah 2 Makassar tahun 2019. Malika lahir di Makassar, 5 September 2006 dan bercita-cita ingin menjadi seorang dokter. Malika telah bergabung dalam Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA) sejak masih duduk di kelas II dengan konsentrasi mata pelajaran Matematika yang dibina oleh Hery Arianto, S.Pd. 

Kepala SD Islam Athirah 2 Makassar, H. Muhammad Azis, S.Pd, M.Pd. saat dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, mengungkapkan ananda Malika adalah siswi yang luar biasa dan banyak mengikuti kompetisi sejak SD. 

“Ananda Malika Safa Dwi Hartini adalah siswi yang luar biasa. Ketika masih duduk di SD Islam Athirah 2 Makassar banyak kompetisi yang ia ikuti. Di kelas, Malika juga menjadi salah satu bintang kelas,” ungkapnya dengan singkat. 

Diketahui, Malika saat ini duduk di kelas IX.3 SMP Islam Athirah 2 Makassar dan merupakan siswi TOSA dengan konsentrasi mata pelajaran IPA. Malika dibina oleh Adnani Yuni, S.Pd., M.Pd. untuk pelajaran Fisika dan Anshar Mansabadi, S.Pd. untuk pelajaran Biologi. 

Pembina Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA), Anshar Mansabadi, S.Pd. yang dihubungi melalui pesan singkat WhatsApp, mengungkapkan kekaguman atas perjuangan siswinya dan menyampaikan harapannya. 

“Cukup salut dengan perjuangan ananda karena selama kurang lebih empat tahun di SD, Malika mengikuti kelas olimpiade Matematika, di SMP pun selama kurang lebih satu tahun masih melanjutkan di kelas olimpiade Matematika. Saat di kelas 8 (tahun 2020) ananda Malika memperlihatkan hasil tes yang cukup memuaskan untuk kelas olimpiade IPA, kami sangat mengapresiasi dan menawarkan untuk bergabung di kelas olimpiade IPA,” ungkapnya. 

“Enam bulan pertama, memang terlihat ananda butuh adaptasi lebih, khususnya di materi Biologi yang butuh banyak pemahaman konsep yang bersifat teoritis, tapi di enam bulan berikutnya ananda sudah mulai memperlihatkan prestasi di bidang IPA. Alhamdulillah, sekarang sepertinya pemahaman konsepnya untuk bidang studi IPA sudah cukup matang. Semoga di KSN tingkat Nasional tahun ini bisa juga meraih medali seperti kakak kelasnya,” pungkasnya. 

Tercatat, Malika akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan dan membawa nama baik Athirah ke tingkat Nasional. Hal ini berdasarkan surat keputusan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud Ristek nomor 2458/J3/DM.01.03/2021, tentang penetapan peserta Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Nasional jenjang SMP pada tanggal 18 Oktober 2021. 


Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan