Kegiatan

on 18 Mei 2022
  • Kegiatan
  • SMP Boarding School Bone

Penulisan artikel siswa di SMP Islam Athirah Bone merupakan tradisi literasi yang aktif menghasilkan karya buku setiap tahunnya. Kegiatan tahunan oleh siswa kelas IX ini menjadi syarat kelulusan untuk naik ke jenjang selanjutnya, yaitu jenjang SMA.  Program ini telah berlangsung sejak angkatan kelima di SMP Islam Athirah Bone tepatnya pada tahun 2018. Siswa kelas IX menerbitkan buku yang berjudul "Let's Go Boarding" yang berisi tentang penjelasan program program unggulan yang berada Sekolah Islam Athirah Bone. 


Berlanjut di tahun berikutnya, SMP Islam Athirah Bone tetap konsisten di jalur buku nonfiksi dengan menerbitkan buku berjudul "Legenda Rumah Kedua" yang berisi biografi sosok-sosok yang mengawali berdirinya SMP-SMA Islam Athirah Bone. Di tahun 2020 Kelas IX kembali merilis buku yang berjudul "Ensiklopedi Prestasi" Buku tersebut merupakan hasil karya tulisan dari Angkatan VII SMP yang berisi tentang biografi alumni SMP/SMA yang berprestasi hingga ke luar negeri. Meski pandemi melanda, tidak menyurutkan SMP Islam Athirah Bone untuk tetap berkarya. Berkat konsistensi dukungan Kepala Sekolah terbitlah buku berjudul “Sky Boarding pada tahun 2021. Di dalamnya memuat program-program unggulan sekolah yang hadir untuk siswa selama masa pandemi berlangsung.

Pada tahun 2022 SMP Islam Athirah Bone bersiap merilis buku kelima siswa yang bertajuk “Magguru Way; 55 Gaya Belajar Prestatif. 55 Artikel siswa angkaan IX mengupas tuntas gaya belajar deretan alumni SMP-SMA Islam Bone yang menorehkan prestasi baik di level regional hingga internasional.

Kepala SMP Islam Athirah Bone, Nuraeni, S,Pd., saat diwawancarai menerangkan bahwa setiap tahun sekolah minimal menerbitkan satu buku karya siswa secara kompilatif. Semuanya tidak berlangsung secara instan, namun melalui tahapan program literasi yang menyeluruh dan berkelanjutan. Selain itu, dukungan dari semua stake holder membuat kegiatan literasi baca dan tulis dapat diwujudkan dan tetap konsisten hingga saat ini.

“Alhamdulillah sejak tahun 2018, sekolah kami menerbitkan minimal satu buku karya siswa. Semua ini tidak langsung seperti ini ya, namun memang buah dari usaha yang aktif dari semua dan proses yang berkelanjutan. Apalagi didukung oleh semua stakeholder sekolah sehingga semua ini bisa terwujud” terangnya. Nurholis_Tim Athirah Web (ig @nurholismuh)