Kegiatan

on 05 September 2017
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

TK Islam Athirah 2 ikut berpartisipasi pada qurban kali ini yang serentak diadakan di seluruh wilayah Athirah baik Baruga, Kajaolaliddo maupun Bone pada hari Senin, 4 September 2017.

Tahun ini TK Athirah 2 melakukan qurban sebanyak 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Dalam pelaksanaannya anak-anak turut dilibatkan mulai dari proses penyembelihan, penimbangan, pengemasan, dan pembagian hewan qurban. Ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada anak-anak tentang esensi dan makna perayaan Idul Adha  itu sendiri.

Tradisi ini memang selalu diadakan tiap tahun sebagai metode belajar siswa tentang proses berqurban. Selama proses penyembelihan anak-anak diajak melafadzkan takbir sambil guru menjelaskan mengenai syarat sah hewan yang bisa diqurbankan. Dengan mengajarkan sejak dini, harapannya ingatan anak-anak akan membekas hingga dewasa mengenai pentingnya berqurban.

Salah satu guru di TK Islam Athirah 2, Syahriyanti, menjelaskan Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pihak sekolah untuk menanamkan pesan moral dan kemuliaan akhlak yang ditauladankan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS sejak dini kepada seluruh siswa TK Islam Athirah 2. Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS kepada anaknya Ismail AS tersebut merupakan bukti bahwa islam mengajarkan kepada umatnya untuk menanamkan empati dan kemuliaan akhlak sejak dini.

Setelah melalui berbagai proses, pembagian daging qurban pun dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda. Kelas A Al Kabiir di daerah Samata, kelas A Al Quddus di daerah Hertasning, kelas B Al Halim di daerah Pabrik Kapur Nipa-Nipa dan kelas B Al Malik di daerah pemulung Jalan Inspeksi PAM dan para tukang bentor Jalan Muhammad Paleo Antang. Anak-anakpun  terlihat semangat dan antusias bisa berbagi langsung daging qurban kepada kaum yang membutuhkan. 

Selanjutnya, Mirawati, S.Pd. sebagai ketua panitia qurban kali ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh orang tua murid dan guru yang telah berpartisipasi memberikan bantuan hingga terselenggaranya pelaksanaan penyembelihan hewan qurban ini.