Kegiatan

on 18 September 2019
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

Pembelajaran pada PAUD adalah pembelajaran tematik yang tersusun dalam bentuk beberapa tema-tema utama. Penyusunan tema menjadi hak masing-masing lembaga yang berdasarkan hal yang terdekat dan di sekitar anak serta di sesuaikan dengan kondisi lembaga atau kearifan lokal setempat.

Pembelajaran tematik ini dibuat dalam bentuk kurikulum PAUD yang di singkat K-13, yang dijadikan pedoman bagi pendidik PAUD dalam mengembangkan enam aspek perkembangan anak usia dini. Seperti halnya dalam penyusunan tema pada K-13 PAUD yang terbaru sekarang pada masing-masing tema selalu ada puncak tema.

Mengingat puncak tema ada pada masing-masing tema, sebagai pendidik PAUD hendaknya bisa mengidentifikasi kebutuhan dan hal yang terdekat dengan anak dan lebih kreatif dalam merancang puncak tema pada masing-masing tema yang sudah di tentukan sebelumnya. Puncak tema bisa dilakukan di dalam lingkungan sekolah dan bisa keluar sekolah dengan melakukan kunjungan ke tempat-tempat tertentu sesuai dengan puncak tema saat itu.

Nah, TK Islam Athirah 2 telah membuat perencanaan kegiatan puncak tema yang lebih kreatif, dengan suasana dan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya tetapi tetap berprinsip menyenangkan dan bermakna bagi anak. Kali ini TK Islam Athirah 2 mengadakan puncak tema "Aku Unik Ciptaan Allah" di dalam lingkungan sekolah. Pemilihan kegiatan puncak tema ini berdasarkan berbagai pertimbangan dan rencana serta tujuan yang ingin dicapai dengan kegiatan anak-anak mempresentasikan dirinya di depan Ummi-ummi dan teman-temannya. 

Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan puncak tema ini adalah, ingin meningkatkan pengetahuan anak tentang dirinya serta melatih kepercayaan diri anak yang juga merupakan jaminan mutu TK Islam Athirah 2.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 12 September 2019 yang melibatkan semua anak didik TK Islam Athirah 2 mulai dari KB hingga kelompok B yang berjumlah 62 anak ini berlangsung dengan penuh canda tawa dan tergambar jelas rasa bangga di wajah para orang tua melihat anak-anak mereka tampil dengan percaya diri diatas panggung mempresentasikan dirinya. Kegiatan presentasi ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi pertama merupakan English presentation dimana beberapa anak mempresentasi dirinya menggunakan bahasa Inggris dan sesi kedua menggunakan bahasa Indonesia.

Antusiasme anak-anak dalam kegiatan ini sungguh diluar dugaan. Mereka datang dengan seragam profesi yang menggambarkan cita-cita mereka kelak. Mereka sangat percaya diri dan bersuara lantang dalam memperkenalkan namanya, nama orang tuanya, saudaranya, alamatnya, cita-citanya dan banyak lagi yang mereka ceritakan didepan teman-temannya. Teman-teman yang belum tampil pun dengan khidmat mendengar dan menyemangati teman-temannya dari depan panggung.

Desain panggung yang berwarna-warni dan dihiasi balon warna-warni menambah keceriaan suasana. Kegiatan puncak tema ini benar-benar memperlihatkan eksistensi anak-anak TK Islam Athirah 2 sesuai dengan tema yang diangkat yakni "aku bisa aku berani".

Anak-anak yang telah berani tampil diberikan apresiasi berupa reward dalam bentuk piala. Reward ini diharapkan dapat menambah semangat anak untuk tampil percaya diri pada kegiatan-kegiatan selanjutnya. Penyerahan reward diwakilkan oleh ketua FKK (Forum Komunikasi Kelas) masing-masing kelas dan disambut antusias oleh semua anak. Terlihat jelas dari binar mata mereka yang memancarkan kebahagiaan. Semoga ini bisa menjadi awal bagi mereka untuk lebih semangat belajar dan percaya diri.