Kegiatan

on 15 September 2017
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

Hari Selasa (12/9/17), Ustadz Muh. Roghibi salah satu tim dari Ummi Foundation Surabaya mengadakan kunjungan ke TK Islam Athirah 2.

Beliau diterima dengan hangat oleh Kepala Sekolah dan Koordinator Ummi TK Islam Athirah 2. “Kunjungan ini merupakan silaturrahmi dan ingin melihat pembelajaraan Al Qur’an di sini,” ucap Ustadz Muh. Roghibi dengan ramah.

Saat berlangsung pembelajaran ummi, beliau masuk ke kelas-kelas melihat langsung proses pembelajaran. Beliau mengamati kelompok-kelompok pembelajaran Al Qur’an menggunakan metode Ummi. Setelah observasi dilakukan, siangnya Ustadz tersebut memberikan masukan dan pesan terkait proses pembelajaran di kelas.

Menurutnya pengelolaan kelas dan penataan duduk anak-anak menjadi kelebihan utama yang dimiliki oleh guru TK Islam Athirah 2. Guru-guru sudah mampu menciptakan iklim yang mendukung sehingga anak-anak mampu duduk lama memperhatikan pelajaran. “Saya sudah mengunjungi banyak TK dan alhamdulillah ini luar biasa sekali ketika menyaksikan anak-anak mampu sabar duduk mendengar arahan dari guru. Di sekolah lain pemandangan ini sangat jarang saya temukan, ucapnya.” Ekspresi dan energi dari guru ketika mengajar masih perlu ditambah lagi agar anak-anak menghasilkan volume suara yang lantang dan sesuai standar.

Pesan selanjutnya yang juga disampaikan Ustadz Roghibi bahwa pastikan guru-guru memiliki “Mastery learning” yaitu penguasaan konsep. Saat memberikan materi baru pastikan harus sama antara di alat peraga dan yang diajarkan di buku. Guru – guru juga boleh berimprovisasi dengan berdiri dan menggunakan body language agar anak-anak tambah semangat dan antusias saat belajar.

Sebagai penutup, Ustadz Roghibi menyampaikan pesan agar pembelajaran Al Qur’an di TK Islam Athirah 2 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. (Yanti)