Implementasikan Kurikulum Merdeka dalam Bioteknologi, Kelas X SMA Islam Athirah Bone Terjun Langsung ke Pabrik
Bioteknologi adalah salah satu materi pembelajaran biologi yang diajarkan kepada siswa (i) kelas X dalam Kurikulum Merdeka. Secara garis besar, bioteknologi merupakan penerapan ilmu dan teknologi terapan oleh manusia dengan memanfaatkan makhluk hidup untuk memproduksi atau menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai guna lebih. SMA Islam Athirah Bone mengemas materi ini secara menarik melalui observasi langsung dengan mengunjungi dua pabrik yang menerapkan bioteknologi dalam proses produksi produknya.
Guru Biologi dan laboran SMA Islam Athirah Bone, bekerja sama dalam mendampingi para siswa (i) yang sedang duduk di bangku kelas X semester genap tersebut untuk melakukan kunjungan pabrik agar para siswa dapat melihat secara langsung prosedur dari pemanfaatan bioteknologi dalam kehidupan nyata, bukan sekadar teori dalam kelas semata. Selain itu, gaya belajar tiap siswa (i) berbeda-beda antar satu sama lainnya, ada yang menyukai gaya belajar kinestetik, visual, maupun audiotorik. Oleh karena itu, kunjungan ini diharapkan mampu mengkover ketiga gaya belajar tersebut.
Kunjungan pabrik ini difokuskan pada 2 pabrik yang memproduksi makanan yakni pabrik roti dan pabrik tempe. Pabrik roti yang dikunjungi bernama Bevpa yang berlokasi di Jl. Sultan Hasanuddin, Kab. Bone. Adapun pabrik tempe yang dikunjungi berlokasi di Jl. Sambaloge Baru, Kab. Bone.
Kunjungan pabrik ini diawali dengan perencanaan dan persiapan satu pekan sebelum terjun langsung ke lokasi observasi. Perlu adanya koordinasi antara pihak sekolah dan pihak pabrik sebelum melakukan kunjungan ini. Kunjungan dilaksanakan selama 2 hari yakni pada hari Kamis, 2 Mei 2024 untuk kelas X Al-Fattah dan hari Jumat, 3 Mei 2024 untuk kelas X Al-Majid.
Owner dan para karyawan dari kedua pabrik ini menyambut kedatangan pihak SMA Islam Athirah Bone dengan sambutan yang hangat. Pihak pabrik menjelaskan prosedur pembuatan produk bioteknologi yang diproduksi dengan jelas dan rinci secara bertahap. Pihak pabrik juga membuka sesi tanya jawab dan menjawab setiap pertanyaan dengan jawaban yang terbuka. Sepulang dari kunjungan pabrik, beberapa siswa turut berbelanja beberapa hasil produksi dari pabrik tersebut.
Kunjungan pabrik ini merupakan metode implementasi kurikulum merdeka dalam salah satu materi biologi yakni bioteknologi. Salah seorang guru biologi SMA Islam Athirah Bone, Rajia, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan metode observasi langsung membuat siswa menjadi lebih paham mengenai materi pembelajaran bioteknologi. (Tim Jurnalis SMA Islam Athirah Bone)