Kegiatan

on 03 Desember 2021
  • Kegiatan
  • SD Bukit Baruga

Salah satu metode untuk lebih meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah belajar bersama penutur asli atau native speaker, seperti program Guest Teacher SD Islam Athirah 2 Makassar. Narasumber kali ini adalah Mr. Charles Skeen, seorang native speaker asal Peru, Amerika Selatan. 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari secara daring via Zoom Meeting. Hari pertama pada Rabu (01/12/2021) untuk tingkat kelas I, II, dan IV. Adapun hari kedua pada Kamis (02/12/2021) untuk tingkat kelas III. 

Program Guest Teacher yang menghadirkan native speaker adalah program bulanan English Class SD Islam Athirah 2 Makassar. Program tersebut bekerja sama dengan iDEA School of English yang beralamatkan di Jl. Beruang No. 77 Makassar. 

Mr. Charles Skeen memberikan materi sesuai dengan tingkatan kelas siswa. Materi disampaikan dengan menggunakan media gambar dan animasi yang menarik. Kegiatan tersebut berlangsung interaktif, terlihat para siswa begitu antusias menjawab setiap pertanyaan dari narasumber. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Setelah kegiatan tersebut berakhir, Puput Fatmawati, A.Md.Keb. selaku orang tua siswa ananda Fadhlan Malik Rifai Kamal (II.2) dan Nafisya Zahirah Kamal (IV.1), mengaku sangat senang dengan kehadiran Mr. Charles Skeen sebagai native speaker karena siswa diajarkan untuk lebih memahami pronouncation. Menurutnya, kegiatan seperti ini bagus untuk melatih listening dan speaking siswa. 

“Selaku orang tua siswa, sangat senang dengan kehadiran Mr. Charles karena beliau membawa warna baru di kelas. Anak-anak terlihat lebih antusias di kelas dan lebih memahami tentang bagaimana 'pronounce' beberapa kata dari native speaker. Tanggapan saya, acara sudah cukup bagus karena anak-anak dilatih listening dan speaking langsung dengan native speaker yang menarik dan juga cerdas,” ungkapnya saat diwawancarai via WhatsApp. 

Senada, Mursalim Sahabu, S.Pd. selaku Wakasek Kesiswaan dan IT SD Islam Athirah 2 Makassar, saat dihubungi via pesan singkat WhatsApp mengatakan bahwa program Guest Teacher sangat menarik karena siswa bisa berinteraksi langsung menggunakan bahasa Inggris dengan native speaker

“Alhamdulillah, program Guest Teacher kembali menghadirkan native speaker dari luar negeri yaitu negara Peru benua Amerika Selatan, ini sangat menarik karena siswa bisa berinteraksi langsung menggunakan bahasa Inggris dengan native speaker. Dengan menghadirkan pemateri dari luar, tentunya semakin memperkenalkan sekolah kita,” kata pak Mur (sapaan akrabnya).


Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan