image

Jurnal Pagi TK Islam Athirah 2

Setiap Selasa dan Kamis pagi anak-anak TK Islam Athirah 2 terlihat duduk berkumpul di indoor sekolah. Rupanya mereka sedang melaksanakan aktifitas jurnal pagi. Jurnal pagi diberikan sebagai proses transisi bagi anak dari atmosfer rumah ke atmosfer sekolah. Ini lebih kepada pengkondisian anak-anak untuk lebih siap memasuki kegiatan di sentra.

Setiap anak mengambil satu kertas kosong yang telah disediakan oleh guru. Namun sebelumnya anak-anak mengambil satu buah meja lipat yang disediakan di sudut ruangan sekolah. Anak-anak menggunakan alat tulis (pensil warna dan krayon) yang disediakan untuk dipakai bersama. Mereka pun memulai menuangkan isi pikirannya ke kertas kosong. Guru yang mendampingi  akan memberikan pijakan untuk membuka pikiran anak mengenai hal yang bisa dituangkan pada kertas tersebut. Meski tiap anak cenderung sibuk dengan aktifitasnya, bermacam-macam interaksi antar anak bisa terjadi dalam kegiatan ini. Anak saling meminta bantuan untuk mengambil alat tulis yang membutuhkan. Beberapa anak mulai mencoret dan menggambar aktifitasnya yang telah lalu atau bahkan rencana mereka di masa yang akan datang. Ada juga anak yang mencoba meniru coretan teman-temannya. Setelah menggambar anak-anak pun akan diajak untuk mulai menceritakan hasil gambarnya kepada guru atau pun kepada teman-temannya. Kegiatan ini pun membutuhkan guru yang tahu memberi feedback yang tepat terhadap proses dan hasil kerja anak.

“Melalui jurnal ini, anak-anak mencoba menuangkan ide dan imajinasinya melalui coretan dan gambar yang kemudian bisa membangun kemampuan kebahasaan anak-anak. Semua aktifitas ini membutuhkan interaksi antara guru dan anak agar kegiatan ini lebih bermakna, Ujar Syahriyanti, saat bertugas mendampingi anak-anak.” (Sy)


Previous PostSemarak Muharram, TK Islam Athirah 2 Gelar Pawai
Next PostLebih Luas Menatap Dunia dengan Reading Day