
EFEKTIVITAS PRAKTIKUM VIRTUAL SMP ATHIRAH 1 MAKASSAR SELAMA MASA PANDEMI T.A 2020-2021
Nur Alam, S.Pd
Guru IPA SMP Islam Athirah 1 Makassar
Selama pandemi Covid -19 , banyak sekolah – sekolah yang tidak optimal dalam pembelajaran terutama berkenaan dengan praktikum, akan tetapi tidak demikian dengan SMP Islam athirah yang selalu terdepan dalam pelayanan dan kreatif dalam memberikan pembelajaran pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Terkhusus pembelajaran IPA SMP , tentu banyak praktikum yang diadakan dan bersyukur SMP Islam Athirah 1 Makassar tetap melaksanakannya. Guru selalu berkolaborasi dengan team laboran sekolah. Sejak awal semester ganjil kami para guru IPA dan team laboran sudah mengadakan rapat virtual. Hal tersebut untuk merancang praktikum apa saja yang akan dilaksanakan dan waktu pelaksanaannya. Sehingga kami tidak tiba masa tiba akal. Semua terprogram dengan baik sesuai tuntutan kurikulum dan kalender pendidikan .
Menariknya lagi jika jadwal prakteknya antara SMP Islam Athirah 1 dan sama , maka kami sepakat digabung saja. Tentunya yang membimbing/memandu praktikum adalah labora, sedangkan kami memantau/ mendampingi siswa agar tetap mengikuti praktikum dengan baik .
Pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini sudah dua kali kami melakukan praktikum gabungan yaitu semester ganjil dan semester genap , dan untuk semester genap ini kami melaksanakannya pada praktikum ujian akhir semester ini .
Pada praktikum kali ini kita mempraktekkan tentang materi Getaran pada pendulum . waktu praktikum yaitu 60 menit dan diawali dengan pemberian materi dan absensi 15 menit dan 45 praktikum dan pengisian LKS/LKPD. Link kami gunakan adalah link kelas 8.2 SMP Islam Athirah 1 Makassar. Namun sebelum kami menggunakan link tersebut, tentunya kami izin terlebih dahulu kepada Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan konfirmasi kepada wali kelas, agar supaya dalam praktikum dan setelah praktikum tetap aman terkendali
Pada praktikum gabungan ini peserta didik tetap aktif bertanya dan memperhatikan apa yang disampaikan laboran. Walaupun beberapa beberapa peserta didik tidak mengaktifkan kameranya, akan tetapi tetap monitor. Menyenangkan sekali praktikum gabungan tersebut karena selain mengefisienkan waktu juga, peserta didik saling mengenal walaupun secara virtual dan dapat belajar bersama di Google Meet. Di awal dan akhir praktikum tidak lupa kami berfoto bersama untuk kenang-kenangan.