Kegiatan

on 22 Oktober 2021
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido


Setelah melalui babak penyisihan II, tiga orang siswa SMP Islam Athirah I Makassar melaju ke tingkat nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN). Melaui SK Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek nomor Nomor : 2458/J3/DM.01.03/2021  tertanggal 18 Oktober 2021, ditetapkan sebanyak 245 peserta se-Indonesia yang akan mengikuti KSN tingkat Nasional. Setiap Provinsi meloloskan setidaknya 5 peserta untuk setiap mata pelajaran. Untuk provinsi dengan skor peserta yang tinggi secara nasional biasanya meloloskan lebih dari 5 orang peserta untuk setiap mata pelajaran. Adapun mata pelajaran dalam ajang ini terdiri dari Matematika, IPA dan IPS.

SMP Islam Athirah 1 Makassar mewakili provinsi Sulawesi Selatan pada dua cabang lomba mata pelajaran yaitu Matematika dan IPA. Untuk mata pelajaran Matematika, siswa yang lolos adalah Andi Alifah Putri Ibrahim dan Abdul Ghani Affandi. Sementara itu untuk mata pelajaran IPA diwakili oleh Hafizhah Dhiza Adillah.

Oky Markianto, S.Pd selaku Pembina Tim Olimpiade Sains Athirah (TOSA) menyampaikan kesyukuran serta harapannya terkait ajang yang digelar setahun sekali ini. “Alhamdulillah, tahun ini jumlah peserta dari Athirah yang melaju ke tingkat nasional mengalami peningkatan, khususnya di SMP Athirah 1 tahun ini bisa meloloskan dua orang sekaligus pada cabang matematika. Semoga saja siswa-siswi SMP Islam Athirah bisa memperoleh medali.” tuturnya. Beliau pun menambahkan bahwa lolosnya siswa-siswi tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak terutama orang tua, dewan guru, serta pimpinan unit.

Pembinaan yang lebih intensif telah dilakukan oleh tim TOSA, bahkan sejak memasuki tahap persiapan babak II KSN. Siswa yang dinyatakan lolos KSN ke tingkat provinsi saat itu sama sekali tidak dibebani dengan kewajiban mengikuti Penilaian Tengah Semester (PTS). Bukan berarti guru-guru memberikan nilai secara gratis, namun kerja keras siswa yang mengikuti pembinaan sudah sepatutnya dihargai dengan nilai yang baik. Semoga usaha siswa-siswi SMP Islam Athirah dan seluruh tim mendapat ridha dari Allah SWT serta membuahkan hasil yang manis, In syaa Allah.

Laporan : Rini Budiarti (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar