Kegiatan

on 25 Januari 2022
  • Kegiatan
  • SD Kajaolalido

SD Islam Athirah 1 Makassar mulai menerapkan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM 80 %, Senin (17/1/2022). Wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Arfyuni Firman, S.Pd.,M.Pd. membagi siswa berdasarkan levelnya agar tidak terjadi kerumunan siswa. Hari Senin, Rabu, dan Jumat siswa kelas 1, 3, dan 5 sementara Selasa, Kamis dan Jumat untuk siswa kelas 2, 4, dan 6. Sementara itu Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Jamaluddin, S.Ag.,M.Pd.I mengungkapkan berbagai persiapan yang dilakukan untuk melaksanakan PTM 80% ini mulai dari mempersiapkan protokol kesehatan, melengkapi sarana dan prasarana untuk KBM, hingga menurunkan tim satgas untuk memperlancar penerapan PTM 80 %. Tim satgas ini akan bertugas mulai dari tim pintu gerbang depan untuk pengecekan suhu, kemudian untuk tempat cuci tangan dan di setiap lantai mulai dari kedatangan hingga kepulangan siswa.

Hari pertama sekolah di semester genap, para siswa tidak langsung mengikuti pembelajaran di kelas namun dikumpulkan di masjid Sekolah Islam Athirah untuk mendapatkan pembekalan mengenai protokol kesehatan. Pembekalan ini dibawakan langsung oleh salah seorang guru SD Islam Athirah 1 Makassar, Ulvy Alvyanty, S.Pd.,M.Pd. Ia menjelaskan bahwa Coronavirus telah menyerang  ribuan orang di berbagai belahan duni dan banyak menelan korban jiwa. Beberapa cara perlu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu dengan penerapan protokol 5 M.

Guru olah raga yang akrab disapa Bu Ulvi ini mengurai satu per satu langkah pencegahan penularan virus tersebut. “Ingat selalu 5 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, dan mencuci tangan. Permukaan benda yang kita sentuh juga dapat menularkan virus oleh karena itu pencegahan dapat dilakukan dengan cara mencuci tangan dengan sabun,” paparnya di hadapan siswa. Di akhir ia mengajak siswa untuk praktik cara mencuci tangan yang benar dan taat dengan prokes.

Penulis : Syahriyanti, S.Pd.,M.Pd. (Tim Web SD Islam Athirah 1 Makassar)