Kegiatan

on 21 Mei 2022
  • Kegiatan
  • SMA Bukit Baruga

Kesan 3 Guru SMA Islam Athirah Bukit Baruga Mengajar di Kampung Binaan

Realisasi dari program kampung binaan SMA Islam Athirah Bukit Baruga, yang bernama "Madu SMART" telah terlaksana pada Jumat, 20 Mei 2022 di Yayasan Sekolah Impian Smart Home. 

Tiga guru sekaligus ditugaskan mengajar, dengan mata pelajaran yang berbeda-beda. Tentunya ada tantangan tersendiri di saat mengajar. Apalagi siswa yang diajar merupakan tingkatan SD. 

Maryam Usman, S.Pd, guru Bahasa Indonesia SMA Islam Athirah bukit baruga menceritakan terkait pengalamannya setelah mengajar. Ada tantangan tersendiri yang dirasakan saat mengajar tematik pada siswa SD. 

" Saya mengajar tematik. Di mana saya harus merangkaikan beberapa mata pelajaran dalam satu materi pembelajaran. Materi diberi secara bermain dan bahasa yang ringan,"ungkapnya. 

Pengalaman yang sama juga disampaikan oleh Guru Matematika di SMA Islam Athirah Bukit Baruga, Mukhlis Rahmad, S.Pd. Ia sempat kurang yakin dapat mengajar kelas dasar. Namun respon siswa SD yang responsif mendukung kelancaran pembelajaran. 

"Awalnya kurang yakin. Mengalir begitu saja. Sangat bersyukur siswa begitu responsif dan penuh keseruan.

Secara materi mudah. Mengantar ilmu tersebut dengan bahasa sederhana,"paparnya. 

Keseruan tersebut juga terjadi dalam pembelajaran olahraga yang diberikan oleh Fuad Bagaskara R. Akil, S.Pd, yang mengampu mata pelajaran olahraga di SMA Islam Athirah Bukit Baruga. Ia memberikan materi terkait bola kecil. Di mana siswa SD di Smart Home baru pertama kalinya diajar langsung oleh guru olahraga. 

"SD itu harus lebih banyak bermain, menghidupkan semangat. Materi bola kecil. 9 orang. Guru baru dan pengalaman baru. Apalagi guru selama ini bukan latar belakang olahraga. Mengajar SD dan SMA semua ada tantangannya,"ucapnya

Laporan : Musyorafah