Kegiatan

on 17 Mei 2022
  • Kegiatan
  • SMP Kajaolalido

Makassar, Selasa (17/05) SMP Islam Athirah 1 Makassar melaksanakan Aksi Karya siswa kelas IX yang merupakan rangkaian ujian praktik kelas IX yang pengambilan nilainya melalui pertunjukan pentas dan bazar. Acara ini berlangsung di Auditorium Sekolah Islam Athirah yang dihadiri oleh wakil direktur Sekolah Islam Athirah wilayah Kajaolalido, Kepala sekolah, BMJ,orang tua siswa, siswa kelas VII dan VIII, serta siswa kelas VI SD Islam Athirah 1 Makassar.

Pentas Aksi Karya ini adalah ujian praktik kelas IX dengan  pengambilan nilai pada mata pelajaran seni budaya, pendidikan agama islam, PKn. Dan mata pelajaran yang pengambilan nilainya melalui bazar adalah prakarya, bahasa Inggris dan IPS.

Dalam sambutan Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar menyampaikan bahwa pada pementasan ini, siswa kelas IX akan menampilkan bakat-bakat seni mereka. Ada yang menari, bermain alat musik, drama, membaca puisi, menggambar dan ada juga yang menampilkan hasil fotografi mereka. Sedangkan di bazar mereka akan menunjukkan jiwa kewirausahaan mereka untuk penilaian IPS, kreativitas mereka dalam memasak untuk penilaian prakarya dan kemampuan mereka dalam menjelaskan tentang masakan dalam bahasa inggris untuk penilaian mata pelajaran bahasa inggris.

“Aksi Karya kelas IX ini adalah sebagai wadah untuk menyalurkan kreativitas siswa yang bertujuan melatih siswa untuk mengekspresikan diri. Semoga kegiatan ini siswa dapat lebih meningkatkan kepercayaan diri untuk melanjutkan kemampuan yang mereka miliki nanti di SMA di manapun berada, baik di SMA Islam Athirah maupun di SMA luar Athirah.” himbaunya

Menurut Ibu Novita Munassar,S.Kom., selaku undangan dan ketua Badan Musyawarah Jamiah Sekolah Islam Athirah, kegiatan Aksi Karya ini sangat mengapresiasi para siswa. Karena dengan kegiatan ini siswa dapat menunjukkan bakat dan kreativitas mereka sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri yang menjadi modal buat mereka ke depannya. Bakat dan talenta yang mereka miliki adalah aset untuk kehidupan mereka meraih cita-cita di hari esok.

“Aksi karya ini sangat menarik, siswa memperlihatkan kemampuannya yang mungkin selama ini tidak tersalurkan. Mereka memiliki semangat yang tinggi untuk berkarya yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-harinya yang akan datang.” ujarnya

Lebih lanjut ibu Andi Fikayanti Syam, S.Ip., selaku orang tua siswa mengungkapkan,  Aksi Karya siswa kelas IX ini dapat menampilkan lebih banyak lagi karya dan bakat mereka. Juga kehadiran orang tua siswa dapat menyaksikan penampilan ananda sebagai support system yang utama kepada anak-anak.

“Kegiatan ini bagus disaksikan oleh adik-adik kelasnya, adik-adik dari SD Islam Athirah dan kakak-kakak kelas di SMA Islam Athirah. Harapannya juga kegiatan ini bisa mengundang pihak eksternal untuk menyaksikan kegiatan Aksi Karya siswa kelas IX.” tuturnya

Ibu Rini Budiarti, S.Pd., M.Pd. selaku panitia menuturkan bahwa kegiatan Aksi Karya kelas IX merupakan suatu perwujudan merdeka belajar. Melalui kegiatan ini siswa diberi kebebesan untuk memilih tugas mata pelajaran sesuai dengan potensi, minat, dan bakat mereka.

“Aksi Karya ini dapat mengasah kreativitas, berfikir kritis, serta kemampuan kolaborasi dan komunikasi yang diperlukan sebagai bekal menghadapi masa depan global. Semoga anak-anak merasa senang dan gembira dalam belajar serta tidak merasa terbebani. “ pesannya

Peserta yang hadir terhibur dan terpukau dengan penampilan para siswa. Penampilan band, tari, puisi, drama,presentasi ayat-ayat Al-Qur’an, presentasi lukisan dan fotografi, serta video drama. Juga bazar yang menjajakan beberapa makanan dan minuman yang semuanya adalah hasil karya siswa.


Laporan : Hasniwati Ajis (Tim Web SMP Islam Athirah 1 Makassar)