Kegiatan

on 26 Agustus 2021
  • Kegiatan
  • TK Bukit Baruga

TK Islam Athirah 2 menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada hari Kamis, 26 Agustus 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulannya dengan materi berbeda setiap bulannya sesuai dengan tingkat kebutuhan.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meet ini dihadiri oleh 17 peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru-guru dari Baby House dan TK Islam Athirah 2.

Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an disertai tadabbur oleh Rosmawati. B, S.Psi sekaligus memimpin doa bersama demi kelancaran acara.

Materi yang diangkat pada forum kali ini adalah mengenai Rencana Program Pembelajaran (RPP) Athirah Integrated Holistic Education System (AIHES) dan Standarisasi Pembuatan Video Pembelajaran TK Islam Athirah 2.

Materi mengenai RPP AIHES dibawakan oleh Kepala TK Islam Athirah 2, Rahmawati, S.Pd. Pimpinan TK yang akrab disapa Ummi Rahma ini memulai materinya menyampaikan tujuan diangkatnya materi RPP AIHES pada kegiatan MGMP kali ini.

“Materi RPP AIHES ini merupakan hal yang perlu kita sepakati bersama agar rencana pembelajaran yang kita buat kedepannya dapat seragam dan sesuai dengan standar kurikulum yang telah tetapkan” jelasnya.

Ia juga mengajak semua guru untuk berperan aktif dalam materi agar dapat diperoleh kesepakatan format RPP dan pemahaman dalam menyusun RPP berbasis AIHES.

“Pada materi RPP AIHES ini kita akan lebih ke arah sharing dan diskusi yah teman-teman, jadi saya berharap teman-teman berperan aktif agar kita dapat menyamakan persepsi dalam membuat rancangan pembelajaran” jelas Rahmawati yang menjadi pemateri pertama.

“Hal utama yang kita lakukan sebelum melaksanakan pembelajaran adalah membuat perencanaan yang akan menjadi acuan dalam melaksanakan proses pembelajaran” tambahnya.

Materi pertama yang disampaikan mencakup kesesuaian format RPP dan teknis pengisian RPP sesuai standar AIHES.

Materi kedua dibawakan oleh Rita Subianti, S.Pd, M.Pd mengenai standarisasi pembuatan video pembelajaran. Ia menyampaikan beberapa poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam merancang video pembelajaran.

“Dalam Merancang Video Pembelajaran sebaiknya menyiapkan naskah video. Selain itu guru juga perlu memastikan konten yang disampaikan apakah sesuai dengan Tema, Kompetensi dasar dan memastikan tujuan pembelajaran tersampaikan dalam video pembelajaran yang dibuat.” Jelas salah satu guru TK Islam Athirah 2 yang akrab disapa ummi Rita.

Seluruh peserta mengikuti materi dengan fokus dan berperan aktif dalam menyampaikan ide-ide cemerlangnya. Diakhir sesi diperoleh kesepakatan format dan aturan teknis pengisian RPP AIHES serta standarisasi pembuatan video pembelajaran TK Islam Athirah 2.

Citizen Reporter : Sri Rawanti