Berita

on 13 November 2022
  • Berita
  • SD Bukit Baruga

Pimpinan, guru, karyawan, dan orang tua peserta didik SD Islam Athirah 2 Makassar ikut serta dalam Webinar Parenting bertajuk Anak Tangguh. Webinar Parenting tersebut diselenggarakan secara online via Zoom Meet. Kegiatan tersebut berlangsung mulai dari pukul 09.00-12.30 WITA pada Sabtu (12/11/2022).

Webinar yang terselenggara atas kerja sama Sekolah Islam Athirah dengan Bank Syariah Indonesia itu, menghadirkan ibu Elly Risman, S.PSi. seorang Psikolog spesialis pengasuhan anak sebagai narasumber. Selain itu, pada momen kali ini juga ada sharing Cara Berkah Kelola Finansial Keluarga yang dibawakan oleh ibu Mirasni Idrus selaku ARTBM Makassar PT Bank Syariah Indonesia, Tbk.

Direktur Sekolah Islam Athirah Syamril, S.T, M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa impian kita semua mempunyai anak yang tangguh, sebagaimana di dalam Surah An-Nisa ayat 9, “Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar,” paparnya.

“Semoga dengan mengikuti webinar ini bisa menjadi bekal bagi kita sebagai orang tua agar anak-anak kita bisa menghadapi tantangan zaman ke depan,” pungkasnya.

Ibu Mirasni Idrus dalam sesi sharing memaparkan tentang pentingnya perencanaan keuangan sebab ada usia produktif menghasilkan uang dan ada usia tidak produktif atau konsumsi uang, dan juga agar kita bisa merencanakan masa depan cerah bukan masa depan suram.

ARTBM BSI Area Makassar itu memberikan tiga tips perencanaan keuangan. Pertama, tentukan tujuan keuangan. Kriteria tujuan keuangan harus SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely). Kedua, mengatur alokasi pengeluaran dengan tepat. Pos-pos pengeluaran seperti zakat, infaq, bayar cicilan, saving/investasi, pengeluaran rutin, dan lifestyle. Dan ketiga, alokasi dana darurat. Instrumen dana darurat pada umumnya dapat disimpan dalam bentuk tabungan, deposito, logam mulia, dan reksa dana.

Kegiatan webinar yang menggunakan teknik semi konseling itu berjalan sangat menarik dan begitu antusias, terlihat banyaknya peserta yang aktif bertanya. Peserta merupakan guru, karyawan, dan orang tua peserta didik Sekolah Islam Athirah dari wilayah Kajaolalido, Bukit Baruga, dan Bone.

Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh ibu Elly Risman, S.PSi. selaku narasumber utama pada webinar kali ini. Direktur Yayasan Rumah Keluarga Risman itu menjelaskan bahwa pandemi dan kecanggihan teknologi menjadi sebab perlunya mengasuh anak tangguh. Anak tangguh itu bukan hanya dibentuk, tetapi ditempa.

Hal pertama yang harus disiapkan dalam mengasuh anak tangguh yaitu menyatukan visi orang tua bahwa yang dibentuk adalah kepribadian sukses itu dunia akhirat, bukan sukses prestasi akademis semata. Ayah dan ibu juga harus merdeka dan jelas peran, fungsi serta tanggung jawabnya.

Di antara ciri-ciri anak tangguh di masa depan yaitu mempunyai aqidah dan akhlak mulia, ibadahnya bagus, berpikir kritis, mandiri, bertanggung jawab, menguasai teknologi dengan benar, hidup bersahaja, komunikasi baik benar dan menyenangkan, dan bermanfaat untuk sesama.


Citizen Reporter: Muhammad Ryan Israfan, S.Pd.