Berita

on 28 November 2022
  • Berita
  • SD Kajaolalido

Sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka, SD Islam Athirah 1 Makassar pun menyelenggarakan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Kegiatan yang berbasis projek tersebut diadakan pada Selasa lalu di Harland Wisata Kebun dan Buah, Kabupaten Gowa (22/11/22). Peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah seluruh peserta didik di level IV SD Islam Athirah 1 Makassar.

Adapun tujuan dari pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila tersebut adalah untuk menguatkan karakter peserta didik sesuai dengan profil pancasila. Salah satunya dengan menyayangi tanaman sebagai ciptaan Allah. Seperti yang disampaikan oleh Kepala SD Islam Athirah 1 Makassar dalam pengarahannya, “Melalui kegiatan P5 ini peserta didik diharapkan lebih mampu memahami dan meyakini kebesaran Allah SWT melalui ciptaannya dalam hal ini tanaman dan buah-buahan. Dengan melakukan kegiatan observasi ini, peserta didik dapat lebih mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan," jelas beliau.

Adapun agenda yang dilakukan adalah kegiatan wawancara dan observasi. Peserta didik yang didampingi oleh para guru melakukan wawancara secara berkelompok. Selain itu, peserta didik juga sangat antusias mengikuti proses observasi di kebun buah. Mereka dapat mengenal dan melihat langsung berbagai jenis buah-buahan di lokasi tersebut.

Penulis    : Dwi Azmiyana, S.S.