Kegiatan

on 24 Juni 2022
  • Kegiatan
  • SMP Bukit Baruga

Proses pembelajaran tidak selamanya terlaksana di dalam ruang kelas. Berikan pilihan kepada ananda dalam mengeksplorasi aktivitas pembelajarannya. Seperti pada kegiatan siswa SMP Islam Athirah Baruga , kali ini siswa menunjukkan kemampuannya dalam acara pementasan drama. Salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII yaitu drama.

Hari Rabu, tanggal 22 Juni 2022 bertempat di Gymnasium Sekolah Islam Athirah Bukit Baruga, siswa kelas VIII berhasil mementaskan drama masing-masing. Alhamdulillah ada lima kelas yang tampil dengan judul drama yang berbeda. Kelas VIII.1 tampil apik dengan memerankan sejarah Sunan Kalijaga, Kelas VIII.2 dengan judul drama Tujuh Putri dan Putri Terbuang, Kelas VIII.3 dengan judul drama Pergaulan Bebas, Kelas VIII. 4 menampilkan drama Another World, serta Kelas VIII.5 dengan judul drama Gamers.
Pementasan drama ini juga ditonton oleh siswa kelas VII, VIII, dan IX, guru karyawan serta beberapa orangtua hadir dalam giat tersebut. Bagi siswa Kelas VII, pementasan drama ini memberikan kesan dan pengalaman tersendiri karena kelak mereka jika di Kelas VIII nantinya juga akan bermain drama.
Sehari sebelum pementasan, seluruh kelas melaksanakan gladi resik. Setiap selesai gladi pementasan, guru memberikan support dan masukan agar pementasan menjadi lebih baik. Pada hari H pementasan pun diadakan. Suatu kebanggaan dan surprise bagi kami karena seluruh siswa tampil dengan sangat percaya diri. Meskipun dengan panggung sederhana serta lighting yang minim. Namun, semua siswa telah berhasil bermain dengan sangat luar biasa. Padahal tenggang waktu latihan untuk pementasan sangat terbatas dikarenakan padatnya agenda sekolah.
Di akhir acara,  diberikan penghargaan untuk beberapa kategori.
1.Pemeran utama pria terbaik.
2. Pemeran utama wanita terbaik.
3. Pemeran pembantu pria terbaik.
4. Pemeran pembantu wanita terbaik.
5. Penata musik terbaik.
6. Sutradara terbaik.
7. Propertyterbaik/terkreatif.
8. Narator terbaik.
9. Penata Busana.
10. Drama terbaik. 

Kepala Sekolah, Suriana, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan sebagai wujud apresiasi sekolah kepada setiap kelas karena mereka telah mengolah kegiatan drama ini dengan baik dan penuh tanggung jawab. Mereka telah menjadi tim yang kompak dalam pembagian tugas masing-masing. Ada yang menjadi tokoh utama, tokoh pembantu, narator, penata musik, penata busana, penata properti, dan yang paling membanggakan bagi kami ialah sang sutradara yang mampu mengatur dengan baik timnya dari setiap kelas. Mereka pun menyampaikan terima kasih telah diberikan ruang dan kesempatan dapat mementaskan dramanya. Mereka juga menyatakan bahwa drama ini memberikan dampak positif yaitu kedisiplinan, kerjasama, kepercayaan diri serta tanggung jawab terhadap tugas masing-masing.
Selamat nak, kami bangga pada kalian.