Berita

on 10 Mei 2022
  • Berita
  • SMA Kajaolalido

Selasa (10/5/2022), SMA Islam Athirah 1 Makassar sebagai salah satu Sekolah Penggerak menggelar kegiatan Sosialisasi Projek Ketiga Kurikulum Merdeka yakni Projek Kewirausahaan bertempat di Void Lt. 7 SMA Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA Islam Athirah 1 Makassar.

Projek ini merupakan projek ketiga untuk projek Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka Kelas X SMA Islam Athirah 1 Makassar. Adapun tema yang diangkat dalam projek ketiga ini adalah “Mengangkat Potensi Daerah melalui Wirausaha (Entrepreneur) Muda.” Sebagai Ketua Panitia Projek Kewirausahaan ini adalah Dra. Hj. Kasmina Arifin.

Sebelumnya,  telah sukses digelar projek pertama dan kedua. Projek pertama digelar pada bulan November 2021 dengan tema “Kebhinekaan Global,” kemudian projek kedua “Perubahan Iklim Global” pada April 2022.

Rencanya, projek ini akan berlangsung selama 3 pekan, dimulai dari 10 Mei 2022 hingga 27 Mei 2022. Adapun tahapan projek ini dimulai dari tahapan pengenalan yang nantinya akan digelar seminar dengan narasumber pelaku wirausaha muda di Sulawesi Selatan yang nantinya akan memberikan motivasi dan semangat untuk para siswa dalam berwirausaha.

Tahapan selanjutnya adalah tahap kontekstual, dimana siswa akan diberikan materi-materi terkait bagaimana berwirausaha, antara lain mengenal dan menggali potensi daerah, strategi pemasaran, strategi penetapan harga, dan penyusunan proposal usaha.

Setelah tahap kontekstual, siswa akan mulai melakukan proses produksi. Adapun yang dipilih oleh siswa adalah produk dengan kategori kuliner, kerajinan tangan, tekstil, dan Frozen Food.

Tahap akhir projek ini ialah tahapan refleksi sekaligus panen raya hasil projek kewirausahaan yang rencananya akan digelar pada tanggal 27 Mei 2022. Adapun bentuk panen hasilnya berbentuk pameran dengan konsep festival. Dalam kegiatan ini nantinya akan dipamerkan dan dipasarkan produk yang telah dibuat oleh siswa.

Dari kegiatan ini, perkiraan jumlah produk yang dibuat adalah 350 produk, karena masing-masing siswa minimal memproduksi 3 produk.

Diharapkan projek ini dapat menjadi pengenalan secara langsung terhadap siswa yang memiliki minat terhadap dunia usaha sedari dini.


Penulis: Annas, S.Pd. (Tim Web SMA Islam Athirah 1 Makassar)