Kegiatan

on 28 November 2022
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone


 

Duo siswi SMA Islam Athirah Bone meraih juara 3 lomba Karya Ilmiah Remaja, Qonaah Febriananda siswi kelas XI IPA dan  Zaskia Al Isra Yunus siswi kelas XI IPS. Keduanya mengikuti lomba Karya Ilmiah Remaja  yang diselenggarakan oleh Sekolah Putri Darul Istiqamah (SPIDI) yang digelar  selama 3 hari mulai dari 24- 26 November 2022.

 

Qonaah selaku ketua kelompok dalam Karya Ilmiah Remaja ini mengatakan bahwa dalam mengikuti perlombaan ini dimulai dari seleksi abstrak, hingga dipilihlah enam peserta yang lolos. Seleksi kemudian dilanjutkan dengan penyusunan full paper, yang kemudian dipresentasikan. Pada tahap ini kemudian terpilihlah 3 tim terbaik..

Karya Ilmiah Remaja yang dibuat tim SMA Islam Athirah Bone mengangkat gagasan tentang edukasi pembuatan pupuk melalui limbah sekam padi yang berbasis nanoteknologi sehingga menghasilkan pupuk yang berbentuk granule. Dengan terobosan tersebut, diharapkan dapat memudahkan petani dalam penyemaian pupuk. 

 

Saat wawancarai melalui via WhatsApp, Qonaah, siswa yang kini menjabat sekretaris MPK tersebut mengatakan bahwa motivasi mengikuti lomba Karya Ilmiah Remaja yakni ingin membawa nama baik sekolah diperlombaan tingkat regional bahkan tingkat nasional, dan menjadi potensi tim untuk menyibukkan diri pada hal yang bermanfaat dan berorientasi pada kebaikan.

 

“Hal yang didapatkan setelah mengikuti lomba tersebut adalah pengalaman tentunya, kami juga semakin mengetahui bagaimana cara menulis KIR yang terstruktur, jiwa kompetitif terbangun selama mengikuti babak final dan banyak insight lain yang kami dapatkan”, Ucap siswi asal Makassar ini. 

 

Anak dari Komari & Suwarni Ningsih pun membagikan tips dan trik sehingga dapat memenangkan perlombaan tersebut yakni berani memulai, tetap melakukan yang terbaik, dan jangan pernah malu untuk menyuarakan ide yang dimiliki. Ia kuga menambahkan bahwa menjaga kekompakan tim  menjadi kunci agar terus lanjut mulai dari tahap awal sampai babak final.

 

Kemenangan tim KIR ini tentu tak lepas dari peran Ekstrakurikuler KIRA SMA Islam Athirah Bone. Ekstrakurikuler ini memang tercatat sebagai salah satu ekstrakurikuler yang kerap melahirkan siswa berprestasi  (Tim Web_Andi EviJayanti)