Kegiatan

on 08 Agustus 2022
  • Kegiatan
  • SMA Boarding School Bone

Senin, 8 Agustus 2022, SMA Islam Athirah Bone menggelar Tadarrus Bersama sebagai salah satu agenda kesiswaan pekanan. SMA Islam Athirah Bone memang memodifikasi kegiatan setiap Senin, selain Upacara bendera.

Surah Al Balad yang berarti negeri dipilih sebagai surah yang dibaca dan sekaligus ditadabburi pada tadarrus bersama tersebut karena bertepatan dengan HUT Republik Indonesia yang diperingati di bulan Agustus ini. Dipandu oleh Ustadz Irwan Muh. Amin, Lc., tadarrus bersama ini berlangsung di Masjid Fatimah Kalla Sekolah Islam Athirah Bone selama satu jam.

“Surah Al Balad merupakan surah yang memiliki 20 ayat. Al Balad yang berarti negeri, merujuk pada kota kelahiran Rasulullah SAW, kota Madinah. Lebih jauh, surah ini berisi firman Allah SWT tentang kesulitan yang akan selalu ditemui oleh manusia, namun dengan kekuasaanNya, bisa membantu kita untuk menggapai kemudahan”, jelas guru pengampu mata pelajaran PAI di SMA Islam Athirah Bone. 

“Hari ini bertepatan pula dengan 10 Muharram, hari dimana cucu Rasulullah SAW, Al Husain, syahid oleh orang-orang yang meruntuhkan Islam di masa itu.”, lanjutnya.

“Nah, mengisi bulan Muharram ini, apa bekal taqwa yang perlu kita kumpulkan? Sering-seringlah berdos pada Allah SWT, manfaatkan waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Ananda semua patut bersyukur karena di Athirah Bone, Ananda semua terbiasa melakukan puasa sunah, dzikir pagi dan petang tidak ditinggalkan, shalat malam anda biasakan. Selanjutnya, bekal berikutnya adalah melakukan dan mebiasakan amal kebajikan sekecil apapun itu dan diniatkan semata karena Allah SWT. Istiqomahlah melakukannya, niscaya kita mendapat kebaikan. Bekal lainnya adalah senantiasa berada dalam komunitas yang baik agar kita senantiasa dilingkupi hal-hal yang baik.”, lanjut Ustadz Irwan, sapaan akrabnya.

Seluruh siswa dan guru karyawan yang hadir mendengarkan dengan seksama kandungan ayat yang disampaikan hingga kegiatan selesai. Salah satu siswa yang sempat diwawancarai mengaku mendapat pemantik dari kajian yang disampaikan pada kegiatan ini.

“Salah satu hal yang disyukuri di Athirah Bone adalah kita selalu mendapatkan booster iman seperti ini. Agar kita bisa merenungi apa saja yang telah kita lakukan sejauh ini sebagai seorang muslim”, ungkap Andi Fauziah Aqib, siswi kelas XII IPA Al Wajid SMA Islam Athirah Bone.